sukma w.
goa karangbolong


Karangbolong adalah salah satu pantai yang terletak di deretan Pantai Selatan Jawa. Disebut Karangbolong karena disebelah Timur pantai terdapat batuan karang besar dan bolong (berlubang), yang disebabkan karena pengikisan air laut. Batuan karang tersebut menjadi sebuah gua dengan panjang 30 meter, lebar 10 meter, dan tinggi 5 meter. Kawasan ini digunakan sebagai diorama pengambilan sarang burung walet.



Pantai Karangbolong tepatnya terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Kurang lebih berjarak 20 km selatan kota Gombong, atau 39 km arah Barat Daya dari kota Kebumen.

Di pantai ini kita bisa melihat pantai yang berbatasan langsung dengan karang-karang hitam. Suara ombak yang menabrak karang memiliki sensasi tersendiri ketika mendengarnya. Daerah ini biasanya digunakan oleh penduduk setempat untuk memancing. Jika ingin merasakan ombak secara langsung, kita dapat menuju ke sisi Barat pantai. Disini terdapat pasir yang berwarna hitam kelabu dan berbatasan dengan bukit. Di sekitar pantai ini masih banyak dijumpai perbukitan, sehingga suasananya terasa segar dan alami.
ombak menghantam karang

Sebelah Timur pantai ini berbatasan dengan sungai adalah Pantai Suwuk. Setiap libur tiba pantai ini dipadati oleh pengunjung, sedangkan ketika hari biasa diramaikan oleh penduduk setempat yang berbondong-bondong untuk memancing.
Pesona deretan pantai selatan Jawa ini memang tidak ada habisnya..

pantai suwuk berada dibelakangku

Labels:
0 Responses

Post a Comment