sukma w.
        Bagian tubuh manusia memiliki fungsi masing-masing yang digunakan untuk bertahan hidup. Namun ketika suatu bagian tubuh mulai berjalan tidak semestinya maka akan mengganggu bagian tubuh lainnya, terutama dalam bertahan hidup.
       Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan hormone-hormon tiroid secara berlebihan didalam darah yang membuat metabolism tubuh menjadi lebih cepat dan dapat membuat kualitas hidup penderitanya menurun.
       Hipertiroid itu penyakit, kelainan, atau whateverlah sampe bingung nyebutnnya. Karena hipertiroid itu mirip sama kasus orang gendut yang diet biar kurusan. Walopun nantinya orang itu bakal kurus, tapi ngga khayal kalo suatu saat orang itu bakal gendut lagi. Maksudnya hipertiroid  itu bisa kambuh. Tapi semua itu ngga bisa dibasmi, karena yang sebenernya terjadi itu hidup didalam diri kita. Jadi ya tinggal pinter-pinter aja normalin kadar tiroidnya.
       Sebenernya hipertiroid ngga serem-serem amat, juga ngga menular. Emang gejalanya kadang ngga ketara, tapi tetep ngga lebih serem dari hepatitis atau kanker. Ini beberapa gejalanya :
1.   Kelelahan dan cepat letih
Gejala kayak gini emang udah mendominasi hampir semua penyakit sih, namanya juga sakit pasti cepet capek lah.
2.   Telapak tangan dan telapak kaki berkeringat
Ini emang ciri yang paling gampang. Tangan dan kaki berkeringat ngga Cuma karena jantung lemah atau paru-paru basah, Hipertiroid malah yang lebih umum. Eh tapi berkeringat itu ngga kayak tangan dan kaki abis kesiram ujan loh ya, serem banget kalo sampe gitu. Maksudnya Cuma lembab gitu, tapi ngga keluar setiap hari kok. Biasanya paling Cuma siang, selain itu kering dan normal-normal aja.
3.   Tangan gemetaran
Cara ngeceknya gampang, lurusin kedua tanganmu kedepan dengan posisi menengadah. Letakkan selembar kertas tipis diatas kedua telapak tangan yang menengadah. Liat, kalo bergetar ada kemungkinan Hipertiroid kalo ngga yang berarti normal.
4.   Denyut jantung sangat cepat
Ngga sampe jantungan, tapi agak-agak kagetan gitu :(
5.  Rambut rontok
Ngga seserem kena kanker sih. Lagian jarang juga ada orang nyisir rambut normal dan ngga ada yang rontok satupun.
6.  Kulit tipis dan halus
Maksudnya kulitnya agak sensitive gitu. Kalo kena detergen ato apalah yang ngga cocok tuh bisa bikin kulitnya ngelupas.
7.   Sulit tidur (insomnia)
Butuh waktu lama buat penderita hipertiroid tidur. Walopun udah tidur biasanya bisa kebangun-bangun gajelas.
8.  Pertumbuhan kuku sangat cepat
Hari ini dipotong seminggu kemudian udah panjang lagi, ngga sampe satu senti sih. Paling Cuma lebih cepet dari normalnya aja.
9.  Pembesaran kelenjar tiroid
Namanya juga kelebihan tiroid, otomatis membesar. Tapi ngga semua loh, aku normal-normal aja tuh :p malah biasanya yang kekurangan tiroid yang gondokan -,-
10.  Tidak tahan udara panas
       biasanya kalo kena panas tuh rasanya kayak sulit napas gitu, iya jadi kalo kepanasen rasanya oksigen-oksigen pada ilang. Tapi ngga sampe megap-megap kok :)
11. Merasa kenyang terus
       Rasanya tuh perut udah laper tapi dikerongkongan kayak ngga mau nelen. Jadinya malah gajadi laper -,-
12. Gelisah dan mudah tersinggung
13. Konsentrasi berkurang
14. Gangguan mata

       Emang ngga semua gejala diatas muncul, tapi kadang ada yang Cuma sebagian aja. Untuk lebih jelasnya sih mending tes darah langsung aja. Kalo T3 (triiodotironin) dan T4 (tiroksin) udah 99,9% dan 0,1% bisa dipastiin normal.

        Penyakit dateng itu pasti ada sebabnya, ada yang menciptakan, dan ada fungsinya. #ehh
Penyebabnya cukup bervariasi, karena aku bukan dokter atau pengurus kesehatan jadi aku ngga apal. Apalagi hampir semuanya pake nama ilmiah. Aku kan Cuma seorang (mantan) penderita :o
       Ada hitam ada putih, ada bulan ada bintang, ada penyakit ada juga obatnya dan ada kamu pasti ada aku #nahlo
Pengobatan hipertiroid itu macem-macem tergantung keparahannya. Mending langsung Tanya kedokter aja, buat oragn tubuh jangan coba-coba.. kalo ngga cepet-cepet diobati itu bahaya, karena sifatnya kronis  dan lama.

       Waktu pengobatan dan pasca pengobatan itu harus bener-bener pilih-pilih makanan, bahkan walopun udah sembuh tetep harus dijaga. Kalo kambuh kan repot. Makanan terlarang :
1. Mie instan
Segala macam produk mi instan dilarang keras. Tapi kalo mi ayam atau oseng mi boleh kok.
2. Senack cepat saji
Kayak jajanan-jajanan yang dijual disupermarket dan warung-warung gitu, jajanan pasar malah boleh. Tapi aku masih belum kuat imannya jadi kadang icip-icip deh.
3. Makanan yang mengandung iodium
Makan apapun bakal dilarang kalo didalemnya mengandung iodium. Padahal di Amerika semua garam harus dikasih iodium. Iya karena konon katanya iodium bisa bikin cerdas. –harusnya yang hipertiroid itu sangat cerdas dong ya :o
4. Saus
Udah tau dong kalo saus sebenernya ngga baik buat kesehatan. Katanya lambung itu diibaratkan baju osis yang putih bersih kemudian tiba-tiba ketumpahan saus. Buat ngilangin warna sausnya itu butuh waktu cukup lama, jadi mending ngga usah deh. Kalo bener-bener pingin pun belilah yang udah terjamin aman. #kayaksalesaja
5. Kopi
Agak lupa kenapa dank arena apa, yang jelas  kafein itu ngga baik buat tubuh.

Kalo buat efek positifnya paling biar banyak istirahat, biar ngga main mulu, biar lebih deket sama Allah, dan biar inget terus kalo manusia bakal kembali.



Dari aku ::
Dulu sekitar tahun 2008 akhir, tepat setengah bulan sebelum ulangan semester divonis kena hipertiroid.
Awalnya Cuma sering pusing dan ngga nafsu makan. sebelumnya udah sering cek kedokter umum, tapi bukan ahlinya kali yah. Terakhir cek kedokter sepesialis dalam, trus ditanyain gejala dan dikasih obat.
       Setelah beberapa kali dikasih obat trus dikasih surat rujukan buat  cek darah di lab. Tentu aja cek kadar T3 dan T4. Waktu abis pengambilan darah yang satu suntikan penuh, yang pasti mo pulang ya. Tapi baru sampe depan pintu keluar tiba-tiba semuanya berubah jadi ijo. Iya kayak orang buta yang Cuma bisa liat ijo aja.
Umm.. kayak difilm-film yang mo mati gitu, biasanya kn warnanya putih semua trus didepannya ada gambar masjid gitu. Kalo aku sih Cuma liat ijo-ijo dong, belum mati ini. Dan bedanya, tangan, kaki, mulut, telinga, semuanya masih bisa aku kendaliin kecuali mata. Jadinya aku duduk dulu dan nutup mata agak lamaan. Setelah beberapa menit, aku ngebuka mata dan semuanya udah kembali. Itu pertama kali liat ijo semua karena setelah itu pernah kejadian lagi, mana disekolah untung ngga sempet pingsan.

       Setelah 3harian hasilnya keluar, dan ternyata tiroidku kebanyaken. Dan ya jadinya opname deh, pas di pasang infuse itu nyampe dua kali gegara yang pertama ngga bisa keluar darahnya, tau deh salah siapa.
Opname selama 8harian, dibilang penyakit ini penyakit itu penyakit ini itu gajelas lah.  Tiap malem itu rasanya kedinginan dan suhunya tinggi, padahal acnya ngga dinyalain. Yang paling malesin dari opname itu disuntik-suntik mulu. Udah gitu obatnya banyak sampe abis keluar RS badanku pada bentol-bentol, katanya itu efek abis minum obat rumah sakitan. Padahal ya aku itu ngga bisa minum obat, bisanya makan obat -_-‘’
              Waktu hari keberapa gitu lupa pas lagi asik-asiknya nonton tv, tiba-tiba dating dokter yang gak tak kenal. Dia bawa sekitar 3 orang sambil bawa kamera + penyangganya gitu. Udah gitu tiba-tiba yang pake baju dokter bediri disampingku sambil cuap-cuap, akusi Cuma bengong. Mana diulang-ulang lagi gegara ada kesalahan katanya. Tadinya kirain itu salah satu alat medis baru, ternyata numpang promosi diruanganku -,- sayang banget Cuma masuk TV lokal, gambar ngga jelas, muka pun ngga keliatan. Mirip bintang iklan gagal deh o.0
       Pengambilan darah yang kedua udah lebih berpengalaman, jadi nyiapin permen sama minum. Dannn ngga pingsan :) trus hasilnya nyenengin juga, ternyata udah netral. Moga deh ngga ada acara kambuh-kambuhan.




Tulisan ini bukan apa-apa. bukan pingin dikasihani, atau pamer karena pernah sakit, tapi Cuma nulis sejarah aja, sekalian buat pelajaran dan biar aku inget juga :)


“Diri sendiri yang ngejaga ya diri sendiri, toh kalo sakit juga yang ngerasain diri sendiri,”




@DearestSukma

©SukmaGR34T
Reaksi: 
24 Responses

  1. sukma w. Says:

    sama-sama.

    pendapatku? wajar aja sih kalo sekarang ini makin banyak penderitanya. selain gejalanya yang kurang keliatan, juga pola hidup masyarakat saat ini yang kebanyakan mengkonsumsi makanan cepat saji dan mengandung penyadap rasa.


  2. Kristina Says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  3. Kristina Says:

    Mba sukma salam kenal ya, thq sharing ttg hipertiroid. Dulu sama dojtet dikasi obat apa? Sy sdh 5 bln dikasi obat thyrozol dan skrg sdh dikurangi dosisnya. Kalau boleh tau berapa lama menjalani terapi obat sampai akhirnya mba sukma boleh lepas obat? Oiya dan apakah pernah mengalami rambut rontok parah selama pengobatan? Sy trauma setiap kali keramas krn rambut yg rontok parah bgt. Thq 4 share :)


  4. sukma w. Says:

    salam kenal juga mba kristina, saya ngga begitu paham sama obatnya. boleh lepas obat setelah tes darah lagi dan hasilnya normal, tapi abis itu disuruh minum semacam produk khlorofil dan minyak ikan gitu.
    iya sempet rontok, tapi katanya nggapapa. mungkin ngiket rambutnya kekencengen atau ngga cocok sama shamponya.
    sama-sama :)


  5. Boni Says:

    mbak sukma, skrg masih konsumsi obat tiroid gak??


  6. Mba sukma salam kenal. Mba sukma saya jg mengalami gejala seperti mba.saya boleh minta kontaknya mba sukma?saya mau tanya2 lebih detail lg.saya minta tolong mba.ini email saya fitripriyantini@gmail.com. terima kasih


  7. Liska Soleh Says:

    Mba sukma no hpnya dong


  8. alhamdulillah udah ngga :)


  9. alhamdulillah udah ngga :)


  10. Salam kenal mba fitri :) email saya sukma.great@gmail.com


  11. email aja ya ke sukma.great@gmail.com


  12. Boni Says:

    mbak sukma, sudah tdk konsumsi obat tiroid sdh berapa lama ? sejak dari terakhir konsumsi obat
    soalnya saya konsumsi obat thyrozol dan dinyatakan sembuh stlh 18 bulan berobat.

    eh 6 bulan tdk konsumsi kambuh lagi akibat stress kata dokter
    jadi berobat lagi deh


  13. sukma w. Says:

    @Boni : sudah lumayan lama, setelah opname dan beberapa kali check up. sekitar tahun 2009.

    setelah itu saya ngga pernah mikirin kalo saya pernah sakit, anggap semuanya udah selesai. kadang kalo terlalu dipikirkan justru memicu gejalanya muncul lagi.


  14. Mba aq sdh hmpir 2 minggu ini ngalamin gejLa hipertiroid nih mba.
    Kyak jantung berdebar kencang skali, klo sdh berdebar gituh efeknya dada kiri berasa gimna gituh, gak bisa tdur, cemas, kaki terasa dingin, terasa bergetar. 2 x ke ugd cuma tes ekg dan hsilnya normal di rs yg sm. Trus 1x di rs swasta, di suruh priksa hormon. Bsok baru mau cek darah. Krna tdi periksa di dr puskesmas jga disuruh cek darah. Eh mau k rs...dah tutup pendaftarannya. Slain mnum obat ada cara lain gak mba buat ilangin jntung berdebar?


  15. @Siti chotijah : iya sebaiknya cek darah dulu biar lebih jelas. perbanyak minum air putih dan hindari makan makanan yang memicu jantung berdebar (kopi dll).


  16. Salam kenal mba sukma,
    Saya dwi. Baru aja kemarin hari jumat saya positif hyperthyroid.. Saya agak" tkut .. Hum .. Udh bengkak soalnya. Dan T3 T4 saya kmrn tinggi banget..
    Sempet stress pas denger itu gondok.. saya malah ngerasa nyeri di rahang saya.. Malah smpe pusing juga. Apa pengaruh dr thyroid nya?


  17. Miyuu Sawai Says:

    Saya sudah menderita hipertiroid sejak 2012. Sdh 4tahun. Tetap rutin berobat.Selama itu suka kambuh"an kalo malez check up dan minum obat. Tp alhamdulilah meski sakit segala aktifitas saya tetap berjln lancar. Menikah n cepat punya anak.Melahirkan pun normal.penyakit saya saya bawa santai aja namun tetap tdk bisa disepelekan. Tetap semangat bagi yg masih terus berjuang menghadapi hipertiroid. Semoga Allah memberi kesembuhan total, sehat, dan lepas dari obat. Amin.


  18. @Saka Wira kartika : salam kenal mba dwi :)
    asalkan minum obat teratur sesuai petunjuk dokter, gondoknya bisa mengecil kembali. Kadang memang ada efek pusingnya.


  19. @Miyuu sawai : aamiin..
    Tetap semangat dan selalu berpikir positif :)


  20. Unknown Says:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

  21. Tris Manto Says:

    Mbak sukna tau nggak efek samping konsumsi obat thyrozol dlm jngka wktu yg lama. Krn saya penderita hypertiroid. Sdh tiga bln saya konsumsi obat itu.mksh sebelumnya.


  22. @Tris Manto : saya kurang paham efek sampingnya. Tapi semua obat apapun itu memiliki efek samping.


  23. Haswia Wia Says:

    Siti chotijah:ma'af ya Haswia juga lagi dalam keadaan hiperiroid,sejak bulan Agustus 2015,tp Alhamdulillah skg t4 yg kmren sampai 100+ dan periksa desember kemren udh turun 28, hanya saran aj mba tuk menghilangkan jantung berdebar kemren haswia minum propanolol 10mg 2xsehari dan skg haswia diajurkan minum thryzol 5mg 2 sehari


Posting Komentar