sukma w.


Baru aja nonton Jurassic park series dari yang tahun 1993, 1997, 2001, dan yang terbaru 2015.

Film ini lebih ke Fantasi ya, tapi suka gitu liat Dinosaurus keliaran. Yang bikin kagum tuh film ini ada yang dari tahun 1993, aku aja belom lahir tapiii udah mengusung cerita tentang teknologi canggih. 

Jarang-jarang aku nonton film yang udah ada sebelum aku lahir.
Keren gitu nggabungin DNA, tentang penelitian. Kalo liat film lokal kadang malesin banget, apalagi film horornya -___-“





Jurassic Park (1993)

Seri pertama ini menceritakan tentang rencana dibangunnya sebuah Kebun Binatang berbagai macam Dinosaurus. Dari yang berleher panjang, yang banyak tanduknya, yang mirip kelelawar, sampe yang jalannya mirip kanguru.
Suka banget tuh efeknya ngga keliatan, jadi berasa bener-bener lagi liat secara langsung.
Ceritanya bermula ketika Hammond menemukan nyamuk yang telah menggit dinosaurus, kemudian nyamuk itu terkena getah sehingga mengeras. Kemudian tertimbun didalam tanah. Setelah ditemukan nyamuk didalam getah tersebut, ia mengambil darahnya.
darah yang mengandung darah dinosaurus tersebut digabungkan dengan DNA katak dan sebangsanya kemudian diolah lalu jadi telur. Menetas dan jadilah dinosaurus.
Jhon Hammond menemui ahli arkeologi, Dr. Alan Grant dan istrinya untuk membantu dalam perizinan pendirian kebun binatang yang bernama Jurassic Park. Awalnya mereka menolak, namun dengan iming-iming pembiayaan penelitian selama 3 tahun akhirnya mereka berangkat ke Jurassic park.
Sebenarnya mereka telah menjaga jumlahnya. Sehingga hanya dinosaurus betina lah yang mereka ciptakan. Tapi sepertinya alam ingin memperlihatkan kekuasaannya. Dinosaurus tersebut pun mulai berkembangbiak. Bertelur, menetas tanpa terkontrol lagi.
Jurassic park berada di pulau terpencil yang berjarak ribuan mil. Disini telah dibesarkan banyak sekali dinosaurus dengan penjagaan yang ketat, salah satunya pagar yang dialiri listrik 1000volt.
Tiba ketika tiba-tiba listrik dipadamkan, Lex, Timmy, Alan dan rombongan masih berada dihutan. Para dino pun mulai keluar dari kandangnya, menyerang apa saja yang bergerak.
Pertarungan dino, seru pokoknya. Efeknya keren..
Sejak mengalami hari panjang bersama Lex dan timi, anak kecil cucu Jhon. Alan yang tadinya tidak menyukai anak-anak menjadi dekat dengan anak-anak.


Ada kutipan bagus
“Tuhan menciptakan dinosaurus, Tuhan pula yang memusnahkan. Manusia ingin menyaingi Tuhan, manusia menciptakan Dinosaurus. Tapi Dinosaurus makan manusia.”




The Lost World Jurassic Park (1997)

Ini seri yang keduanya.
Ada sebuah keluarga yang sedang berlibur ke pulau terpencil yang sebenarnya Jurassic park. Anak mereka yang berjalan-jalan sendiri bertemu dengan kumpulan dinosaurus kecil dan terluka.
Cerita beralih ke Dr. malcom, serta pacarnya yang bernama Sarah. Mereka ditugaskan untuk melakukan penelitian dipulau tersebut. anak Dr. malcom yang tiba-tiba ikut pun membawa cerita tersendiri.
Tidak lupa mereka bertemu dengan rombongan InGen, sebuah lembaga yang dulunya mendirikan Jurassic Park. Mereka berencana membawa dinosaurus tersebut ke kota untuk dibangun Jurassic Park baru. Bangunan bekas Jurassic Park di pulau tersebut pun sudah tinggal puing-puing.
Rencana tinggal rencana, Dinosaurus ternyata lebih cerdas dan hebat. Mereka hidup berkelompok serta selalu melindungi keluarganya.
Di seri ini pertarungan sama dinonya lebih banyak, menegangkan dan keren banget pastinya.
Perjuangan hidup ditengah banyaknya dinosaurus tetes-tetes darah dan nyawa pun menjadi korban.
Bahkan diseri ini dino tersebut sampai ke kota, dino yang besar sadar kalo anaknya dibawa oleh manusia. Akhirnya dia mengamuk dan membuat heboh warga kota.
Dinosaurus tetaplah dinosaurus, mereka memakan daging. Manusia tidak bisa hidup berdampingan dengan mereka.


Kutipan bangus
“menyingkirlah dan percaya pada alam. Mereka butuh ketidak hadiran kita.”



Jurassic Park 3 (2001)

Diawali dengan kakak beradik yang melakukan parasailing di lautan. Tiba-tiba pengemudi speedboatnya menghilang sehingga akan menabrak karang. Mereka pun memutuskan untuk melepaskan tali yang menghubungkan dengan speedboat. Parasut terbang ke pulau terpencil tersebut, dan akhirnya turun.
Seorang pria dan wanita menemui Alan (pada Jurassic 1) untuk menemaninya ke Pulau terpencil tersebut. awalnya Alan menolak, namun mereka tetap memaksa.
Akhirnya mereka pun berangkat ke pulau terpencil, tanpa persetujuan Alan pesawat yang mereka naiki mendarat di pulau terpencil. Alan sempat melarang namun mereka nekat.
setelah pesawat mendarat dinosaurus pun datang menimbulkan kerusakan pada pesawat mereka. Sang wanita bercerita bahwa mereka datang ke pulau itu karena anak mereka sudah hilang selama 8 minggu. Mereka bermaksud mencarinya.
Petualangan bertahan hidup dari serangan dino pun dimulai. Hingga pada titik Alan bertemu dengan Eric, anak mereka yang sudah hilang 8minggu. Eric dapat bertahan hidup karena menemukan bekas-bekas peninggalan InGen.
Singkatnya dino masih mengejar mereka karena tanpa diduga Billy membawa telur dino. Setelah telur dikembalikan mereka mulai menemukan harapan hidup.



Jurassic World (2015)

Zach dan Grey, kakak beradik yang mendapatkan kesempatan liburan di Jurassic Park. Disini Jurassic Park telah benar-benar menjadi tempat rekreasi, kebun binatang modern yang sangat canggih.
Clara merupakan salah satu pegawai Jurassic Park dan merupakan tante dari Zach serta Grey. Ada juga Owen, pemilik kebun binatang dinosaurus dengan sistem manual dan pendekatan dari hati.
Bagi Owen dinosaurus juga makhluk hidup, mereka harus diperlakukan dengan baik secara pendekatan. Bukan mengurungnya kedalam penjara ‘sangkar’ seumur hidupnya. Sebab binatang seperti dinosaurus memiliki insting berburu, mereka tidak suka diberi makan tanpa berkelahi. Mereka juga senang hidup berkelompok, sebagai bentuk sosialisasinya.
Binatang yang terlalu sering dikurung sendirian ketika menemukan sesuatu yang baru mereka akan bertanya-tanya, seperti apa posisinya dalam rantai makanan?
Dinding setinggi 12 meter dapat ditakhlukan oleh dinosaurus dengan kecerdasannya. Taman impian dengan berjuta pesona tersebut dalam sekejam menjadi sebuah mimpi buruk. Zach dan Grey yang kala itu sedaang menikmati permainan pun dikagetkan dengan tragedy dinosaurus mengamuk.
Para pengunjung banyak yang terluka, peristiwa semakin ricuh ketika dinosaurus mulai memasuki gedung pusat. Tembakan dengan berbagai peluru pun menjadi senjata andalan.
sampai ketika kericuhan tidak dapat diatasi, Owen yang memiliki raptor bernama Charlie,Echo, Delta, dan Blue mencoba membuat mereka menangkap sang Dinosaurus terbesar hasil rekayasa gen. namun ternyata sang dino berhasil mempengaruhi raptor milik Owen. Pertarungan dengan dino pun terjadi kembali.
Film yang asik..


Ada kutipan bagus
“perang bagian dari alam. Setiap makhluk di hutan ini berusaha saling membunuh. Itu cara alam menguji ciptaannya. Menyaring tingkatan social. Perang ialah perjuangan. Perjuangan menghasilkan kebesaran.”



Nonton ke 4 film ini seharian sambil nahan napas, sampe lupa makan juga. Seruuu pokoknya, kalo mau nonton ada nih dilaptop :D
Tapi ya di setiap serinya tuh pasti selalu ada anak kecil yang turut ambil bagian. Inti ceritanya juga ngga jauh-jauh banget setiap serinya, tapi sukaaa banget pokoknya sampe kepingin melihara dinosaurus kan jadinya.


Menurutku sih disini banyak hikmah yang bisa kita ambil. Salah satunya tuh jangan berusaha menyaingi Tuhan. Mungkin kita bisa menciptakan sesuatu yang hebat, tapi sadarlah bahwa pada akhirnya kita akan mati juga. Sesuatu yang kita ciptakan masih bisa punya peluang untuk membunuh kita. Tapi apa yang Tuhan ciptakan tidak akan mungkin mampu membunuh-Nya.

Selain itu manusia itu harusnya sadar, dinosaurus aja ngga mau ‘disuapin’ melulu. Mereka lebih memilih bertarung untuk makan daripada dikasih daging langsung. Karena bagi mereka makan itu untuk hidup, bukan hidup untuk makan.



Dan yaa banyak sih kalo mau ditelaah lebih dalam :)
Labels:
0 Responses

Post a Comment