sukma w.
Beberapa minggu yang lalu saya tes kecerdasan gitu. Sebenernya udah lama saya pingin ke psikolog buat nanya tentang diri saya. Karena saya sering ngerasa ada yang salah dalam diri saya, tapi saya ngga tau bagian mana yang salah dan bagaimana cara mengatasinya. Kadang dunia menuntut saya untuk menjadi berbagai karakter, namun saya merasa itu bukan saya. Saya ngga nyaman jika harus memasang topeng agar diterima oleh dunia, namun sepertinya dunia dan isinya ngga mau tau seperti apa bentuk rasa nyaman saya. Mereka terus memaksa saya, yang katanya agar lebih baik.
Beruntung kemarin di mata kuliah psikologi disuruh ngisi semacam angket yang isinya garis-garis. Disitu nantinya bakal dikelompokkan menjadi 4 tipe kecerdasan, yaitu Intuiting (I), Sensing (S), Thinking (T), Feeling (F). masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.
Berdasarkan hasil tes terssebut saya adalah tipe Thinking. Dan ternyata kecerdasan itu ngga bisa diubah, tapi mereka bisa dikendalikan.
Saya mau ngejabarin apa aja sifat-sifat dari Thinking, lebih jelasnya tentang saya :D

Thinking
Ø  Selalu menggunakan pikiran
Ø Masalah : Logis
Ø Touch minded
Ø  Keras kepala
Ø  Adil
Ø  Tidak peka
Ø  Menyukai argument dan debat
Ø  Pujian formal
Ø  Tegas dan menuntut hak
Ø  Jarang bertanya
Ø  Dingin, jaga jarak
Ø  Masuk akal
Ø  Sikap seperti Pria

Dari sedikit uraian itu saya udah ngerasa agak normal.
Dulu saya sering kepikiran, kok saya kalo mau nanya missal ada sesi Tanya jawab gitu pasti saya udah nemu jawabannya sendiri. Jadi saya pingin nanya, eh tiba-tiba entah dari mana ngerasa tau jawaban dari pertanyaan saya sendiri. Kata bu dosen sih thinking itu jarang bertanya, karena ngerasa udah pinter.
Saya juga ngerasa jadi orang terlalu dingin. Waktu itu temen saya nelpon, dan saya Cuma jawab ‘iya’ ‘oh’ ‘dibawah’ ‘oke’. Setelah nutup telpon saya ngerasa, eh kok saya gini banget sih padahal temen saya itu nanyanya dengan semangat 45, kok aku cuek banget sih. Nahh ini juga, saya ngerasa terlalu cuek ke orang. Ngga peka.
Dan yang lain-lainnya saya ngerasa itu saya banget. Kadang saya pingin berubah biar bisa agak kayak manusia, tapi yaa susah.

Thinking
·       Bekerja mandiri
·       Efektif (terfokus)
·       Mengejar akurasi
·       Serius
·       Logika
·       Mengefektifkan system
·       Menalar
·       Pelajaran
·       Pandai
·       Pelit ngomong

Saya sebenernya lebih enak bekerja mandiri daripada kelompokan, tapi sekali lagi dunia selalu menuntut saya agar lebih baik, katanya.
Saya juga pelit ngomong, tapi kadang-kadang saya nyoba jadi feeling, karena dunia maunya gitu. Kadang saya berhasil. Dan kadang saya jengah sendiri, ini bukan saya.

Thinking
ü  Terorganisir dan logis
ü  Pertimbangkan sebab akibat
ü  Focus pada konsekuensi
ü  Jangan Tanya apa yang dirasakan orang thinking, tapi Tanya apa yang dipikirkan
ü  Tekankan pada aplikasi praktis
ü  Jangan mengulang
ü  Manajerialistik

Ngga tau juga apa ada orang yang bertindak tanpa mikirin sebab akibat, saya selalu mikir konsekuensi dari tiap-tiap keputusan yang saya ambil. Nah negatifnya saya jadi lama kalo ngambil keputusan, kadang kesannya PHP gitu.

Gimana ya pandangan dunia pada Thinking?
v Dingin
v Tidak perhatian
v Tidak peka
v Raja tega
v Keras kepala

Lima point diatas sangat mencerminkan saya banget. Keras kepala, kalo udah punya keputusan mau dibujuk gimana juga ujung-ujungnya sama. Raja tega? Ah dikit sih.
        Itu kan 5 point dunia ketika melihat saya, dan  pastinya itu sisi jelek dari saya. Tentunya itu jadi PR saya atau PS juga boleh, untuk mengendalikan sisi negative saya. Tentu saja supaya lebih baik. Dan yahh supaya dunia mau menerima saya.

Manusia hidup di dunia ini pastinya butuh pengakuan. Emangnya ada yang mau dianggep angin? Dateng dan pergi ngga ada yang peduliin? Pastinya semua orang ingin di lihat dunia, tapi kenapa dunia selalu banyak menuntut ya? Kadang musti jadi orang lain dulu biar di sukai dunia. Sakit emang.
Begitulah dunia, meski dia sering berkoar agar tetap menjadi diri sendiri. Nyatanya ia tetap menuntut.


@DearestSukma
©SukmaGR34T


0 Responses

Post a Comment