sukma w.



Semua hal yang kita lakukan di dunia ini memang membutuhkan alasan. Ada akibat, karena ada sebab.
Alasan…
Kita memiliki alasan untuk tetap hidup, untuk tersenyum, tertawa, ataupun menangis. Bahkan kita memiliki alasan untuk berteman. kita juga memiliki alasan untuk memutuskan tali pertemanan, bahkan untuk membenci.
 Saya lagi muter lagunya Bondan – RIP
Meskipun ngga ada yang meninggal, tapi rasa-rasanya ada yang hilang. Saya merasa ditinggalkan.

Dulu pas jamannya putih abu-abu, tiap hari banyak sms masuk. Tiap malem hape ngga pernah sepi.
Mulai dari yang sms buat nanyain jadwal besok, nanyain PR, nanyain ulangan, ngedoain guru biar sakit, berharap pelajaran kosong, minta kunci jawaban, ngegalauin gebetan, bikin strategi nyontek, minjem buku, nanya acara tv, ngegosipin anak kelas. Ahh bakal panjang banget kalo tak tulis disini.

Sebanyak itulah alasan kita buat smsan. Tapi rasanya miris banget, ketika alasan-alasan itu mulai hilang, dan kita ngga tau atau bahkan ngerasa ngga punya alasan buat sms sampe akhirnya udah pada lost contact.
Terakhir kemaren saya sms ke 12an orang gitu, dannnnn? Ternyata semuanya ngebales. Hebat, saya nanya tentang judul kali ini. Tentang masa-masa dulu. Kebanyakan sih jawabnya “kangen yah?” , “lagi pada sibuk mungkin” , “sama, emang” , “iya, alumni Cuma kamu yg sms.” , “kangen kamuu” , “kangen sekolah”.

Jadi semuanya sebenernya kangen, oke mungkin semua orang lagi sibuk dengan dunia mereka yang baru. Saya cuma ngerasa aneh karena hape saya sering sepi, tapi saya ngga ngerasa sepi. Iya sih, karena banyak tugas. Dan kayaknya juga itu yang lagi mereka rasain.

            Kalo inget masa sma rasanya pingin banget ngenggam waktu. Pingin rasanya berenti dalam zona nyamanku. Saat dimana ngerasa punya segalanya, saat dimana ngerasa aman.

Saya bukan siapa-siapa. Tanpa kalian saya bukan siapa-siapa. Dan dengan kalian pun saya tetap bukan siapa-siapa.
Haha nulis apaan sih ini ngga jelas banget.


Oiya ngomongin soal alasan, saya juga punya alasan tentang keberadaan saya di solo.
Iya, saya ngga tiba-tiba jatuh dari langit trus nyangkut di towernya ums. Saya juga ngga terbang trus tiba-tiba sayap saya patah di ums dan ngga bisa pulang.
Tapi saya ada disini karena saya memilih keberadaan saya disini. Iya disini. Dihatimuuuuu :3


Jujur sih awalnya ngga pernah kepikiran bakal disini, apalagi di jurusan ini. Saya dulu ngga ngerti, dan sekarang pun masih belom ngerti banget soal jurusan saya ini. Intinya saya ngejalanin aja. seperti air mengalir, kata pepatah sih gitu. Tapi saya ngerasa jurusan saya itu keren. Udah gitu doang.

Bangga sama jurusan?
Iya dong, kata orang Jawa “bebek silem, awake dhewe yo dialem”

Dulu sih sebenernya sempet searching tentang fisioterapi, soalnya sempet baca ada jurusan ginian di UI. Udah perah tak tulis kan cerita saya nembak UI disini. Sebenernya yang bikin konyol milih UI itu gara-gara saya sempet pingin masuk teknik, dan yahh ditolak berbagai pihak gitu. Orang tua, sodara, dan yah gitu. Katanya kan teknik itu berat, mulai dari fisik sampe otak diperes semua. Tadinya mau ngambil FTSL ITB, walopun ngga yakin juga bakalan lolos karena saingannya ribuaan. Trus tak ganti mau ngambil Fisika Teknik UGM yang peminatnya ngga ada separuh dari ITB. Tapi tetep aja ngga di bolehin. Biasalah kalo perempuan pasti disaraninnya jadi pendidik. Dan ngga tau kenapa rasanya males banget. Jadi ya gitu akhirnya milih UI, kata ortu sih kalo ketrima ya syukur, kalo ngga ketrima ya pantes aja lah. Konyol banget emang.
            Saya disini. Bersama anatomi fisiologi dan teman-temannya. Padahal yaaa saya dulu paling sebel sama biologi, makanya jangan nanya pelajaran biologi karena ngga ada yang nyantel di kepala saya. Kayaknya saya kena karma. Dulu waktu SMP sukanya sama sejarah, paling males sama maple IPA dan itung-itungan. Tapi SMA jadi sukaaa sama itung-itungan dan males banget apalan. Ehh sekarang malah masuk jurusan apalan spesifiknya biologi yang selama kelas 11 ulangan harian ngga pernah tuntas. Karma banget yah -___-

Saya punya alasan buat bertahan disini.
Ngambil jurusan disesuaikan sama univnya juga sih kalo buat saya. Kayak misa kalo mau ngambil kedokteran yaudah langsung aja di UI. Mau ngambil teknik, tembak aja ITB. Mau milih pendidikan, sikat tuh UNS UNY. Kalo Fisioterapi, larinya UMS. Karena fisio lahirnya di Surakarta. Kedokteran, teknik, pendidikan pastinya udah ngga asing lagi dong sama univ ternamanya. Seenggaknya univ diatas itu udah terpercaya sama bidangnya gitu sih.

            Etapi dulu saya nyante banget, sekarang juga sih tapi jangan ditiru Cuma yang udah ahli aja yang bisa ngelakuin. Jadi ya gitu jarang banget belajar, baca buku paling Cuma jam 7-8 doang, itu aja udah sambil mainan hape. Saya kasih nama itu SKS sistem kebut SEJAM.
Beruntung sih kalo rapor itu udah jadi nilai mateng, jadi ngga ada nilai dibawah 7 yang menampakkan diri. Beruntung yang kedua itu karena orang tua saya ngga pernah nuntut atas nilai saya. Berapapun hasilnya beliau bilang itu udah bagus, yang penting kamu udah berusaha. Ya saya tau saat beliau kecewa, kadang ngerasa bersalah banget sih. Kenapa Einstein bisa saya ngga? Apa karena dia jago bahasa Inggris? Tapi dia kan ngga bisa bahasa Indonesia?
            Tadinya disuruh masuk PGSD gitu, jadi kalo ulangan trus ngerasa ngga bisa kadang nanya. Ah ngapain sih belajar kayak gini, toh besok saya Cuma ngajarin “ini budi, ini kursi” atau “1+1=2” atau nyanyi-nyanyi gelang sepatu gelang. Jadi ngapain sih saya belajar sendi-sendi, sel-sel ribet gitu. Dan saya baru tau jawabannya sekarang.





@DearestSukma

©SukmaGR34T




0 Responses

Post a Comment