sukma w.
Judul                   : Manage Your Heart
Penulis                 : Flacheya
Penerbit               : indiva media kreasi
Tebal                    : 190 halaman
Tahun                  : 2011
Harga                  : -

          Pribadi yang memiliki hati bersih akan selalu mengharap ridha Allah SWT ditiap-tiap apa yang ia kerjakan. Dia akan menyikapi permasalahan dengan pikiran jernih dan tenang. Dia selalu yakin bahwa dalam suka dan duka, Sang Pencipta selalu bersamanya.
Ujian bukan hanya ketika seseorang mendapatkan musibah, mendapatkan rezeki, atau ketika bahagia saja. Namun dapat dalam bentuk yang lain, misalnya ketika mendengar adanya pembicaraan ghibah atau gossip. Dengan adanya pembicaraan tersebut bagaimana responnya? Apakah terpengaruh atau tidak? Contoh bentuk ujian yang lain adalah datangnya rasa malas. Dengan adanya rasa mala situ apa yang musti kita lakukan? Dan apakah proses kita dalam menyikapi kemalasan bisa membuat diri kita lebih baik atau justru sebaliknya?

Dosa adalah apa yang terasa mengganggu jiwa dan menimbulkan keragu-raguan dalam dada, meskipun orang-orang member fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya – hadits Hasan diriwayatkan dari dua musnad Imam Ahmad bin Hambal dan Ad Darimi

Ketika diberi kesempatan berikhtiar mencari nafkah, jodoh, mewujudkan cita-cita, atau sebuah kesembuhan maka kita harus memperhatikan ikhtiar itu, baik dari segi niat maupun cara.
Sesungguhnya rezeki, jodoh, terwujudnya cita-cita maupun kesebuhan merupakan kehendak Allah SWT. Kalau kita dihadapkan pada berbaggai pilihan maka pilihlah jalan yang tidak menyimpang dari aturan-Nya.
          Contoh lain hal yang menyimpang yaitu mencontek saat ujian. Memang sih membahagiakan orang tua dengan nilai bagus tidaklah salah, apalagi kalian bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Tapi cara tersebut adalah ikhtiar yang curang dan jelas salah banget. Inget lho Allah Maha mengetahui dan setiap perbuatan kita dicatat oleh Malaikat. Kalau dapet nilai jelek, paling dimarahi guru dan orang tua. Setelah diomeli habis-habisan, kita juga ngga dimarahi terus kalo kita mau berubah. Nah, kalo diakhirat nanti kita nyesel juga percuma. Malah bisa-bisa lebih berat hukumannya disbanding di dunia.

          Kecantikan atau ketampanan , kekayaan dan popularitas dapat membawa kita tergiur wangi dunia. Jadi kalo ketiga poin diatas dimiliki oleh hati yang lemah iman maka pribadinya akan memiliki sedikit rasa malu, meski menggenakan pakaian yang sangat minim, mabuk-mabukan, dan bangga bila ada yang mengatakan seksi. Padahal diakhirat nanti juga ngga ditanya, kamu seksi apa ngga? Kasian tuh kulit yang saben hari dikasih lotion dan rambut yang always creambath, tapi diakhirat kecelup air mendidih. Na’udzubillah..

Sobat, pernahkah memperhatikan kecantikan or ketampanan batiniah? Apa saja yang sudah kita lakukan untuk memperindah keelokan hati? Kecantikan batiniah adalah kecantikan yang diterangi oleh nur Allah SWT. Tidak hanya hatinya namun juga lisannya, langkahnya, perbuatannya,  dan pasangkanya.

Hati yang bersih tuh ibarat ruang gelap penuh dengan cahaya. Bagi mereka yang memilikinya, yang paling terasa manis didunia adalah  manisnya dicinta dan mencintai Allah SWT, yang paling nikmat adalah kenikmatan iman dalam hati, yang paling sejuk adalah anugerah hidayah dari Allah SWT, dan yang paling membuat hati tentram adalah mengingat Allah SWT.

‘Diam bukan berarti kalah, bukan berarti tidak punya alas an mengapa bersikap seperti itu.’

Didalam diri manusia memang terdapat rasa ingin tau. Namun meskiun begitu kita harus punya kontrol diri karena tidak semua rasa ingin tau itu positif. Untuk mengetahui sungai itu dalam, kita ngga harus berenang untuk mencapai dasar sungai.

Rasulullah SAW senantiasa berwajah ceria, beliau pernah bersabda : “Janganlah terlalu membebani jiwamu dengan segala kesungguhan hati. Hiburlah dirimu dengan hal-hal yang ringan dan lucu. Sebab, bila hati terus dipaksakan memikul beban-beban yang berat, ia akan menjadi buta.

          Buku ini cukup menarik, cocok buat remaja yang sukanya galau dan yang lagi menjaga hati. Banyak kalimat-kalimat yang begitu ngena dan jleb banget. Bahasanya mudah dipahami, meski ada beberapa yang dicampur antara bahasa gaul dan bahasa lisan cukup membuat risih. Tapi keseluruhan keren.
Baca buku ini bisa bikin tenang, lebih memahami diri, dan belajar menjaga hati. Banyak hikmah yang bisa diambil serta dipelajari, jangan lupa di amalkan :)

@DearestSukma
©SukmaGR34T


Labels:
0 Responses

Post a Comment