sukma w.

Angka memiliki nilai tersendiri bagi sebagian orang. Salah satu benda yang menggunakan angka adalah uang. Uang tidak dilihat dari bahannya atau tahun pembuatannya. Tapi angkanya.

       Terlepas dari itu angka juga banyak direbutkan para siswa. Saat ulangan misalnya, atau pengambilan raport. Di Indonesia sendiri penilaian kemampuan seseorang dinilai dengan angka.

       Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian siswa banyak yang menginginkan angka tinggi dalam setiap kertas penilaian. (ehh kenapa bahasanya jadi formal gini yak, ini kan Cuma my opinion). Yaa jadi kayknya hampir disetiap ulangan atau tes atau latian atau apa aja deh yang ada hubungnnya sama sekolah pasti pinginnya dapet angka banyak. Kayaknya malah ngga peduli apapun dan gimanapun caranya.
       Padahal tujuan sekolah ngadain tes itu kan buat ngukur kemampuan kita. Tapi yang ada malah pada ketakutan dan ada juga yang sampe stress atau depresi.
       Nah sebenernya yang ngebuat ketakutan dan stress itu yaa karena diri sendiri. kita ngerasa belum mampu tapi kita juga takut tertinggal. Apalagi kalo sampe orang tua terlalu berharap dari kita. Ya misalnya orang tua terlalu menarget. trus kalo sampe kita ngga sampe targetnya tuh dia bakal marahin kita lah, nyuruh kita les ini itu, pokoknya kayak ngarep banget kita jadi yang pertama.
       Sebenernya wajar aja, toh semua orang emang pingin jadi yang terdepan dan ter ter ter lainnya. Tapi yang kasian itu kitanya, ya sukur kalo otak kita secerdas Aristoteles atau Einstein. Kalo biasa-biasa aja kan bisa tekanan batin nantinya. Udah gitu yang ada malah pada ngebuat cara yang engga-engga demi angka.
      
Tiap kali belajar inget aja kalo yang kita cari tuh ilmunya. Masalah nanti pas ulangan dapet nilai biasa aja karena lupa atau ada gangguan lain, cuekin aja. Toh kita udah berusaha dan lagi pula angka ngga ngejamin seseorang akan berhasil nantinya.
   Dari angka kita Cuma nyoba biar kelak bisa hidup mandiri. Karena seengganya angka yang lebih tinggi mungkin akan lebih dicari. Kita berusaha merangkai masa depan dari angka. Merangkai sebuah jalan yang kita bangun sendiri. yang kelak diharapkan bisa menuju kesuksesan. Dan kesuksesan identik dengan uang.
   Oke katanya kita ngga boleh belajar hanya demi meraih pekerjaan dengan gaji tinggi. Tapi demi ilmu. Kita percaya dan yakin bahwa kesuksesan bisa didapat dari angka. Namun kita juga ngga boleh lupa bahwa selain angka, masih ada factor lain yang berpengaruh.
   Takdir, keajaiban, pertolongan Tuhan, atau yang disebut BEJA. Dialah pokok penting yang mendasar dari sebuah keberhasilan. Walopun misalnya dari SD sampe SMP dapet juara umum terus, tapi tiba-tiba pas tes masuk SMA dia ngga lolos. Itu kan aneh, tapi ngga ada kata aneh untuk yang namanya takdir. Karena takdir itu misterius dan ngga terduga.

       Kita dan terutama aku, biasanya ngerasa terbebani sama yang namanya tes. Ngga tau kenapa rasanya malesss banget. Tapi belakangan aku nyoba mensyukuri semua hasil dan angka yang tertulis.
       Ya  cari positifnya aja, mungkin aja kalo nilaiku 95 terus bisa-bisa aku jadi sombong. Bisa-bisa aku jadi males berdoa. Trus bisa-bisa jadi lupa kalo masih hidup didunia yang fana ini.

Yang penting itu usahanya (kan)
Selamat  musim  tes,
Selamat  berjuang!


@dearestSukma
©sukmaGR34T
0 Responses

Post a Comment