sukma w.


bukit langit


Tempat wisata yang lagi ngehitz di kebumen itu bernama bukit langit. Terletak di desa Giripurno, Karanganyar.
Waktu itu baca di internet dan berdasarkan kata temen, Giripurno itu berada di Karanggayam. Seperti pas nulis Kebumen, Jawa Tengah. Orang akan fokus ke kalimat Jawa Tengahnya dulu, dan kami pun fokus ke kata ‘Karanggayam’.
Karena seumur-umur belom pernah ke Karanggayam, yaudah pasrah ikutin jalan dan nanya orang. Lalu ternyata Zonkk..
Kita salah jalan sampe ke Kejoran Karanggayam. Nanya ke tukang ojek dan diberilah pencerahan bahwa kami nyasar terlalu jauh.
“Balik ke Karanganyar lagi aja, nanti lewat candi.” Begitu kata bapak-bapak tukang ojek.


Kami pun balik ditemani rintik hujan.. ngga tau nih hujan suka banget nemenin aku bepergian. Nyampe karanganyar kecamatan malah hujan deras, kami pun berteduh sambil makan baso hehe..
Setelah kami melihat setitik cahaya di pucuk utara kami memutuskan melanjutkan perjalanan yang sayang banget kalo harus diakhiri.

Setelah searching rute yang bener yaitu dari alun-alun Karanganyar (SMP N 1 Karanganbyar) ke Timur lurus sampai ada perempatan puskesmas belok kiri (Utara), kemudian melewati Tugu candi yang berada di Pasar Candi ke Utara, lurus terus sampe masuk desa Giripurno ikuti jalan, dari SDN 3 Giripurno ke Timur (belok kiri), lalu ada Gardu dukuh kembang abang (RT 001/003) ke Utara à Bukit Langit.

Jalan disini sudah lumayan bagus meski dibeberapa titik tetap harus hati-hati apalagi kondisi geografis #ehh yang tidak rata. Jalan setapak yang licin pasca hujan pun menambah sensasi perjalanan ini.
Tempat-tempat di Kebumen masih terlalu sulit dijangkau Google Maps yang ada nanti nyasar ke semak-semak malah. Pake aja GPS manual, Gunakan Penduduk Setempat ini jauh lebih aman..


“Kalo aku jadi kamu, aku mending balik pulang aja..” kata temenku
Walopun bilang gitu akhirnya kita nyampe ke pucuk bukit langit kok :D
Lagian kalopun kita milih balik saat itu berarti kita pergi sia-sia, apalagi itu udah hari Sabtu sedangkan Minggunya udah musti ke kota sebelah. Karena jadwal udah disusun sedemikan rupa sehingga jalani ajaa..
Pas di parkiran malah sempet ketemu temen SMP SMA yang rumahnya sekitaran situ. Terusan jalan kaki sekitar 1,2km buat sampai puncak.
bukit langit


Dari sepanjang jalan parkiran sampai bukit langit itu lumayan sepi, kadang ngeri juga dengerin hewan-hewan bernyanyi. Pokoknya jalannya tinggal naik naik naik.
Sampai atas karena habis hujan jadi cukup mendung, lumayan ngga kepanasan :D dari situ ada arah naik lagi sampai ke pucuk bukit langit.
Untuk naik kesini butuh perjuangan gaes, karena ngga ada tangganya jadi pake tali. Semacam wall climbing gitu, tapi ini ngga tinggi-tinggi banget kok.
pucukk.. pucuk..
Awalnya kita ragu mau naik, tapi disemangatin sama duo mas-mas yang baru turun dari atas haha..
Diatas tempatnya ngga begitu luas, yaa namanya pucuk jadilah secara ngga sadar kalo mau naik itu antri nunggu yang diatas turun dulu. Gentian ceritanya..
di pucuk nih

Pas kita pulang gitu dari atas bukit langit sampe pasar karanganyar ternyata Cuma butuh waktu 40 menit, lumayan ..






Labels:
0 Responses

Post a Comment