sukma w.


pentulu indah

Sekilas tempat wisata ini memang mirip dengan kali biru di jogja, tapi tempat ini bernama Pentulu Indah yang terletak di Karangsambung Kabupaten Kebumen.

Karangsambung sudah dikenal masyarakat luas tentang batu-batuannya, geowisata karangsambung sendiri merupakan taman geologi yang terlengkap di Asia Pasifik.
Jadi sepanjang jalan nantinya akan dihiasi batu-batu besar yang langka, serta penambang batu dan pasir di daerah sungai.



Lokasi Pentulu Indah tidak begitu sulit, dari pasar mertakanda ke Utara mengikuti jalan utama. Nanti ada LIPI Karangsambung disebelah kanan jalan, kurang lebih 1km dari LIPI ada petunjuk arah untuk belok kanan menanjak.
Ikuti aja jalan menanjak tersebut yang kurang lebih 1,5km. jalannya cukup sempit dan aspalnya nyaris hilang, mungkin supaya pengendara tidak kebut-kebutan karena tanjakannya cukup curam.


Karena kondisi jalan yang demikian itu, sempet kami bertemu anak-anak yang membantu menaikkan motor sampai puncak. Jadi sang empunya motor jalan kaki, sedangkan anak-anak itu bawain motor mereka. Entah itu kebetulan atau memang ada lapangan pekerjaan baru. 

kebumen indah

Fasilitas disini sudah cukup baik, penjual makanan dan cendramata pun sudah berjajar rapih meski jumlah toilet masih minim.
Disini tidak ada tiket masuk, hanya biaya parkir sebesar 2000 rupiah.

Didalam lokasi terdapat saung dan tempat duduk dibeberapa titik. Pohon-pohon pinus yang tumbuh dengan teratur menjadi background perjalan kami menuju titik tertinggi.
Pada titik tertinggi tersebut terdapat rumah pohon dan ayunan sejenis hammock. Memang hanya terdapat 2 rumah pohon, sehingga kami musti antri untuk menaikinya. Pemandangan yang kami dapatkan memang indah meski matahari saat itu sedang bersinar dengan teriknya.


Kami yang waktu itu datang berempat tanpa sengaja bertemu teman kelas lain yang lagi reuni, ada juga teman seperjuangan usm yang ternyata ke pentulu juga dan yaa meskipun lupa nama -__-


Pulangnya kebetulan di Kebumen sedang diadakan One Day Adventure motor trail se Indonesia. Kebetulan juga rutenya lewat Karangsambung dan berbarengan dengan arah kami pulang, jadi sepanjang jalan banyak orang duduk-duduk dipinggir jalan. Apalagi anak-anak kecil, mereka melambaikan tangan tiap motor trail lewat.
Kami yang berada dibelakang motor trail pun ikut dadah-dadah ke orang-orang dipinggir jalan, kemudian disorakin haha.









Labels:
0 Responses

Post a Comment