sukma w.


Roemah Martha Tilaar diresmikan pada bulan Desember 2014 oleh Martha Tilaar, pengusaha kosmetik dan pendiri Martha Tilaar Group. Didirikan pada tahun 1920 oleh keluarga Liem Siauw Lam.
tampak depan Roemah Martha Tilaar


Minggu tenang sebelum UAS yang tidak tenang, ketika harusnya belajar malah hasrat ingin piknik meningkat. Perbedaan jadwal ujian dengan univ lain pun bikin sulit merealisasikan piknik yang selalu tertunda.

Rumah Martha Tilaar berada di jalan Sempor Lama No. 28, desa Wonokriyo, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.
Lokasinya tidak begitu jauh dari jalan raya Purwokerto-Jogja, dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

Sebenarnya sebelum ini udah pernah kesana, tapi kebetulan waktu itu hari senin. Aku baru tahu hari senin itu tutup. Karena itu dikesmpatan yang lagi mumpung sempet ini aku pun mampir ke rumah yang masih hangat diberbincangkan ini.
tiket

Pertama masuk kedalam gerbang rumah sempet bingung bakal gimana lagi. Tanyalah kita sama orang yang kebetulan ada di teras.
“registrasi dulu disana,” kata orang tersebut.
Karena kami masih pelajar (re: kuliah) cukup bayar tiket 5000 rupiah. Memasuki rumah bergaya arsitektur Indisce Empire, kataku sih gaya Belanda. Di rumah utama terdapat ruang tamu dengan perabotan lengkap yang elegan, juga tempat sembahyang yang khas pecinan.


silsilah keluarga
Kebanyakan ruangan disini adalah kamar-kamar, didinding depan pintu ditulis nama-nama siapa saja yang pernah tinggal dikamar tersebut masing-masing. Dilorong tengah terdapat silsilah keluarga Liem Siauw Lam hingga ke cucu-cucunya.


salah satu kamar tidur


Memasuki kamar per kamar dengan perabotan yang tidak kalah menarik. Hingga peralatan rias pun tertata didepan meja rias dengan anggun.
Di sayap utara rumah utama terdapat aula dan sebuah ruangan untuk menjual berbagai kerajinan dari ukm di Kebumen, juga produk-produk Martha Tilaar itu sendiri.


jualan

Sedangkan disayap Selatan rumah utama, bagian depannya digunakan untuk tempat registrasi. Ruangan lainnya adalah kamar-kamar. Menurut mba-mba registrasi, rumah di sayap Selatan adalah rumah tertua yang dibangun lebih dulu daripada rumah utama.
Teras belakang rumah utama desainnya tidak jauh berbeda dengan teras depan, meja kursi tertata rapih lengkap dengan perabotan. Dari sini terdapat taman belakang yang sejuk dengan pepohonan.


tanaman obat

Sebelum rumah ini diresmikan menjadi MRT, dulu kami pernah terdampar di gerbang rumah ini pas IX D reunion.






ruang tamu




ruang tamu

teras Belakang


halaman belakang

Labels:
0 Responses

Post a Comment