sukma w.


Judulnya udah kayak jualan gitu yakk..
Padahal sih Cuma mau ngeshare obat batuk yang minim efek samping ini, yaa meskipun udah bukan rahasia umum lagi.


Bermula dari musim yang berganti, imbasnya ke batuk. Yaa mau gimana, orang satu ini emang gampang banget kena batuk. Batuknya itu ngga berdahak, jadi kalo batuk yang keluar bukannya spuntum tapi malahan air mata :( ganahan sih!

Nahh tiba-tiba adek kosku itu anak gizi, dia baru aja praktikum bikin jamu. Dan aku disuruh nyicipin jamu kunyitnya dia. Sok-sokan gitu nanya-nanya fungsi masing-masing jamu tersebut.
“Kunyit? Buat batuk?” tanyaku
Abis itu dia balik lagi liat kitab sucinya, mastiin gitu.
“Eh salah, kencur yang buat batuk..”

Dan yaa akhirnya aku minta itu jamu bubuk kencur. Bentuknya udah bubuk, rasanya manis. Kata dia bikinnya itu pake kencur terus diblender, abis itu diambil airnya aja. Terus dimasak pake gula, diaduk-aduk gitu sampe lama-lama jadi bubuk..


Bubuk kencur itu sama aku diminum pake air, dan rasanya lumayan :D


Selain kencur, obat herbal buat batuk itu BAHAGIA. Yaap simple banget kan, obat paling murah untuk segala jenis penyakit ini susah-susah gampang sih. Mainnya di pikiran masing-masing orang, banyakin bersyukur deh..


Yang diatas itu kan pake ilmu gizi dan psikologi, kalo pake ilmu fisioterapi bisa juga.. tapi lebih ke cara ngeluarin spuntumnya, pake penguapan – cupping – vibrasi – coughing.
Mau ? langsung ke klinik aja :D


Aku sendiri kurang suka pake obat-obat, abis efek sampingnya kadang bikin sedih.. lagian kasian ginjal, jantung, dkk harus kerja keras juga buat nahan reaksi kimianya :(

Efek setelah minum ramuan adek kos lumayan kok, udah ngga bikin keluar air mata lagi :) paling masih ada seraknya aja, mungkin karena baru minum sekali.


Selamat mencoba deh, cepet sembuh ya :)

0 Responses

Post a Comment