sukma w.
          Cita-cita adalah keinginan yang ingin kita raih dimasa depan. Cita-cita pada akhirnya terjadi dengan 2 pilihan, yang pertama cita-cita itu akan menjadi kenyataan dan yang kedua cita-cita itu hanya akan menjadi harapan belaka.
          Siapa sih yang ngga punya cita-cita?
Kayaknya udah dari TK bahkan PlayGroup kita diharuskan memiliki cita-cita. Dulu para guru selalu bilang “Gantungkan cita-citamu setinggi langit”. Kita juga dibolehin memiliki cita-cita yang beragam. Anak kecil kalo ditanya soal cita-cita biasanya jawabnya kalo ngga jadi Dokter, Guru, ya Presiden. Ngga ada yang pingin jadi tukang odong-odong, ngga ada yang pingin jadi pengamen, ngga ada yang pingin jadi notaries, bahkan walikota juga gada yang kepingin.
          Pemikiran manusia selalu berubah seiring berubahnya usia. Cita-cita seseorang juga bisa berubah sesuai keadaan dan kesadaran masing-masing. Semakin dewasa kita semakin sadar akan apa yang ingin kita raih. Disini kita ngga pingin cita-cita Cuma jadi khayalan, karena itu kita memiliki pertimbangan yang ngga gampang. Mulai dari pertimbangan biaya, kemampuan, dan kondisi lingkungan.
          Membuat cita-cita emang gampang, tapi meraihnya untuk menjadi nyata yang sulit. Sebenarnya cita-cita itu selalu ada, pernah ada orang bilang “Loh bukannya cita-citamu dulu jadi perawat, kok sekarang malah jadi diplomat?” mungkin orang itu nulis cita-cita secara formal adalah perawat, tapi ngga ada yang tau kan kalo dia udah nulis kata diplomat dihatinya. Orang itu bisa jadi diplomat karena dia ingin, karena dia memiliki cita-cita.
          Semakin dewasa semakin banyak berpikir. Kalo waktu TK tanpa malu bilang “Cita-citaku jadi Presiden” atau “Cita-citaku jadi ketua BUMN”, tapi sekarang kalo mo bilang soal cita-cita mesti harus mikir dulu. “Cita-cita yang nyata dong, liat sama keadaan.” Itulah suara hati entah dari telinga kanan atau kiri. Yang jelas ketika kita masih nyebutin cita-cita diatas biasanya temen-temen bakal ngeledekin mulu. Mulai dari yang ciee-cieein sampe yang ngejek “Cita-cita tinggi banget sih, jatoh itu sakit loh.”  “Eh jadi gituan tuh kuliahnya aja nyampe 200juta, mana mampu dia,”  “Kebanyaken ngayal.”
Kebanyakan kita bakal ngindarin komentar-komentar pedes itu. Makanya buat formalitas biasanya nulis cita-cita yang ngga terlalu jauh, meskipun khayalan tetep ada.
          Berarti udah ngga ada lagi dong cita-cita setinggi langit?
Ada. tetep ada, bahkan abadi didalem hati kita masing-masing. Kita hidup ngga kayak mimpi yang sepotong-sepotong, tapi apa yang kita lakuin sekarang sangat nentuin masa depan juga. Kita diajarin punya cita-cita ngga Cuma buat jadi pemimpi melainkan biar kita bisa mewujudkan atau memprogram apa yang mau kita raih. Ketika kita tau apa yang ingin kita raih, maka kita juga akan tau bagaimana cara meraihnya,
          Waktu upacara HUT RI 68 di SMA N 1 Karanganyar tercinta, pak kapsek kemaren bilang gini, “Gantungkan cita-citamu setinggi tanah. Kenapa? Karena tanah adalah tempat kaki kita berpijak yang paling tinggi. Bukan langit, sebab cita-cita setinggi langit hanya akan ngambang.”
          Ada benernya juga sih, Cuma yang membingungkan apa bedanya cita-cita setinggi langit dan setinggi tanah? Trus mana yang termasuk dalam kategori setinggi langit dan setinggi tanah? #gapenting *cut*
          Sekarang katanya banyak gitu orang-orang yang kuliah asal ambil jurusan yang keliatannya keren, padahal nantinya gatau mo jadi apa. biasanya itu karena ngga tau cita-citanya apa, atau malah efek cita-cita setinggi langit? Cuma Allah yang tau :)
          Cita-cita itu emang abstrak, ngga ketebak, kadang nyeleneh, dan adanya dihati. Makanya, kita bisa nulis apapun cita-cita kita  meskipun kata orang terlalu mimpi. Tapi kalo kita yakin kita bisa kenapa ngga diperjuangin?
Selamat buat yang udah memiliki cita-cita dan semangat buat yang belum mantap sama cita-citanya *kayak aku*.

“Hidup kita emang masih panjang, tapi setiap detiknya ngga bisa diulang. Percayalah penyesalan adanya dibelakang.” – Sukma w. ,17 tahun


@DearestSukma

©SukmaGR34T
0 Responses

Post a Comment