sukma w.

Akhir..
Entah kenapa kata akhir selalu terdengar menyedihkan
Semacam sesuatu yang sudah tidak bisa diperbaiki
Saat semua sudah berakhir,
Waktu yang telah berlalu seolah berputar terlalu cepat
Hingga saat tersadar semua sudah berpindah tempat
Semua kan berlalu..
Senja kan datang..
Dan malam kan berganti..


Tahun ini menyimpan terlalu banyak cerita panjang, untukku. Detik demi detik yang terjadi adakalanya menjadi sangat berharga. Sebuah perjalanan panjang yang belum ku tau ujungnya.

Curcol ini didedikasikan untuk mengenang sejarah perjuangan diriku sendiri :p sebenernya mau disimpan aja di laptop, Cuma karena wabah ransomware wannacry yang sedang booming bikin khawatir kalo file-file bakal ilang. Jadi mending disimpan di internet yang bisa dibaca umum yak, kalo-kalo lupa password juga wkwkwk



Menjadi mahasiswa semester akhir. Merasakan sensasi pusing, galau, jenuh, bosan, dan stress. Biasanya orang bilang, bikin KTI (Tugas Akhir) lebih mudah dari skripsi. Iya mudah, karena batas maksimalnya 60 lembar aja. Mudah, karena observasi ke satu orang aja. Mudah, karena isinya Cuma gitu-gitu aja. Oke, mudah kan.


Yang sulit itu.. konsulnya. Rolling tiap bulan, syukur kalo lagi dapet di dalam kota. Kalau diluar kota, paling Cuma bisa konsul hari sabtu aja itupun kalo diluar kotanya masih tempat yang terjangkau satu atau dua jam dari Solo. Dan itupun kalo pembimbingnya bisa ditemui.

Dan meskipun didalam kota, yang sulit itu.. tanggungan SK dan ICF tiap hari. Belum tambahan tugas dari rumahsakit. Iya kalau dapet pembimbing lahan yang enak, nah kalo pembimbing lahan maunya ngerevisi SK dan ICF terus.

Yang sulit itu.. acc nya. Yakali sekali konsul KTI langsung di acc. Hitung sendiri ya, dalam satu minggu maksimal bisa ketemu dosen Cuma satu kali, itu kalo dosen ngga sibuk. Masih ada revisi yang ini itu berasa kurang terus.

Yang sulit itu.. bagi waktunya. Antara mau bikin revisian SK dan ICF atau bikin revisian KTI. Padahal jam kerja RS yang 6 hari kerja itu dari jam 7 dan sampe kos udah ashar. Atau yang 5 hari kerja itu dari jam 7 dan pulang dari rs jam 4. Belum termasuk lelah-lelah yang insyallah lillah tapi tetep ada ngeluh-ngeluhnya wkwkwk.


“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya” – Al baqarah : 286


Dibulan terakhir kemaren bulan Juni. Waktu itu tanggal 14 juni hari rabu malam kamis tiba-tiba aku demam. Paginya sampai RS masih demam dan siangnya disurh tiduran dibilik-bilik RS. Malam jumat demam tambah naik di 39,4 udah susah banget buat tidur. Karena ngga enak di RS Cuma tidur aja akhirnya hari Jumatnya aku ijin. Siangnya mampirlah ke dokter setelah ceritain gejalanya dianjurkan cek Lab hari sabtu. Posisinya ini lagi bulan puasa kan, tapi aku ngga puasa karena demam bakal naik kalo ngga minum parasetamol. Meski udah minum obat setelah beberapa jam demam juga bakal naik lagi.
Hari sabtu 17 Juni aku berangkat ke RS, niatnya sih pulang RS langsung cek lab dan ke kampus. Setelah diambil darahnya, kata petugasnya hasilnya keluar 1 jam. Akhirnya aku tinggal deh buat ke kampus dulu, ngecek kali-kali udah direvisi karena udah ngumpulin revisian dari hari rabu. Nyampe kampus ternyata belum diapa-apain. Duduk-duduk dikampus sambil cerita sama temen-temen sekaligus nunggu jeda waktu buat ambil hasil lab.
Setelah sejaman gitu balik lagi ke Lab dan ternyata udh jadi. Penasaran, sampe parkiran aku buka sendiri hasilnya. Hasilnya ngga normal, jadi abis itu langsung ke dokter.


Dokter bilang, trombosit dan leukositku turun sedangkan hasil tes widal nya Cuma satu yang negative, lainnya 1/1 dan 1/2 katanya kalo udah lebih dari 1/3 itu positif typhoid. Tapi dari hasilku ini juga udah mengindikasikan typhoid.
Katanya harus banyak-banyak istirahat, jangan kecapekan, makan yang lunak-lunak, banyakin minum. Karena posisiku masih praktek aku pun mikir keras, apalagi ketika dokter bilang “kamu opname aja ya, nanti saya bikini rujukan. Mau dimana?”
Kemudian aku ketawa garing dan masih nawar mau berangkat praktek segala.


Sampe kosan aku searching tentang typhoid dan seberbahaya apa penyakit ini. Kata google, typhoid itu menyerang usus. Dari luar emang nggapapa karena yang kena itu didalam. Dan yang bikin aku menyerah buat berangkat praktek adalah kalimat “usus bisa jebol”. Ini serem asli.
Akhirnya malam itu--malam minggu--aku galau gundah gulana. Sebenernya udah dari kemaren-kemaren bilang ke ibu kalo berasa lagi sakit. Ada pengumuman kalo pendaftaran sidang terakhir itu tanggal 22 juni, galauku pun tingkat dewa.

Sempet ngeluh sama Allah, kenapa ngga sabtu ini aja langsung di acc jadi aku bisa prepare apa-apa yang harus dikumpulin. Atau kenapa sakitnya ngga besok-besok aja. Tapi.. nyoba mikir positif aja.

Malam itupun aku langsung telpon ibuku, bilang mau pulang. Dan itu sampe nangis-nangis bombay wkwkwk.. kemudian temen-temenku dateng bawain ramuan ajaib katanya, terus aku nitip beli tiket kereta deh.


“maka bersabarlah kamu terhadap ketetapan Tuhanmu – Al Qalam :48


Hari minggu pagi, minta anterin temenku ke stasiun. Sekalian nitip SK, ICF, dan surat ijin buat RS *disaat sakitpun tetap harus mikirin tugas*. Jam 9an gitu udah sampe kebumen. Hari seninnya karena masih lemes dan susah makan karena mual, akhirnya dibawa ke IGD. Disitu barengan sama pasien yang kena serangan jantung karena kaget gara-gara polisi yang nyita mercon dan dimusnahkan dengan cara diledakkan. Sekitar sejaman barulah dapet ruangan, dianter deh ke kamar.


kamarnya bagus kok, termasuk cepet juga dapet kamar sekamar sendiri jadi udah rasa hotel. Ada free wifi nya pula :D karena bulan puasa tiap sore kan ibuku harus ngurus rumah, jadi ditinggal sendiri di RS. Bosen sih, yang biasanya mengobati pasien malah jadi pasien. Malemnya sempet chat sama temenku, katanya KTIku belum dikoreksi -__-


hari selasa, mulai menjalani rutinitas pasien rumah sakit. Tiap abis subuh jam 5an gitu perawat dateng ngecek tensi sama suhu. Terus ganti perawat yang lain dateng ngambil darah. Ganti dokter muda dateng nanyain keluhan. Beberapa jam kemudian baru sarapan dateng. Nanti setelah matahari mulai meninggi barudeh dokter spesialisnya dateng ditemani perawat dan dokter mudanya.
Siangnya chat sama temenku dan katanya KTI ku udah di acc. Seneng sih tapi berasa sama aja karena 2hari lagi pendaftaran sidang ditutup sedangkan aku masih tertahan disini. Cerita sama ibuku, katanya nggapapa kalo ngga kekejar pun masih ada wisuda gelombang dua kan. Yang penting sehat dulu, gitu.


Akhirnya aku ngechat ke pembimbingku dan bilang kalo KTI ku bakal aku lanjutin bulan depan karena lagi sakit gitu intinya. Sempet sedih.. ngeluh lagi sama Allah, berasa aku kurang apa coba. Pengumuman judul itu kan bulan Maret. Sedangkan bulan maret aku lagi praktek di Surabaya. Tanggal 1 april tepat aku udah mulai ngonsulin ke pembimbing. Tapi pembimbing sibuk, akhirnya dikumpul dimejanya. Bulan april praktek di Jogja, tiap minggu selalu berusaha ngehubungin tapi selalu ngga bisa. Akhirnya konsul pertama di 16 Mei. Ngeluh.. karena anak lain yang baru bikin dibulan Juni udah pada bisa sidang. Ngeluh karena pada akhirnya jauh dari ekspektasi. Ngeluh karena kok gini banget sih.. *kalo aku tulis ceritanya tepat saat kejadian pasti keluhannya lebih panjang, serasa patah hati sepatah patahnya*


Malamnya chat sama temenku yang lain, yaudah akhirnya malah ngeluh dan cerita-cerita gitu. Dia bilang mau ngedaftarin aku gitu, tapi punyaku lampirannya belum selese semua. Karena temenku ini semangat sekali buat bantuin aku, aku pun langsung bilang ke orang rumah buat bwain laptop dan charger kalo mau ke RS. Ku kirim deh KTI ku itu ke temenku.



Sebenernya hari rabu ini udah dijanjiin pulang sama dokter spesialisku, tapi sepertinya aku terlalu stress mikirin nasib masa depanku. Padahal kesehatan juga termasuk masa depan. Jadilah trombositku tambah turun.


Paginya sebelum diambil darah, dokter mudanya kan sempet nanyain keluhan gitu. Karena emang masih jam lima. Setelah jalan sekitar 3 langkah dari bedku ke arah pintu keluar, tiba-tiba dia berbalik dan nanyaudah shalat belum ? apa lagi ngga shalat?
Sebenernya sih pingin jawab “Mau jadi imamku dok?” tapi takutnya nanti malah dirujuk ke bangsal jiwa kan gawat wkwk akhirnya malah senyam-senyum gak jelas sampe ibuku ngeliatin -__- aku sendiri kalo ke bangsal emang biasa tanya udah sarapan belum? Makannya banyak ? Tidurnya nyenyak ngga? Tapi dokter ini nanyanya antimainstream banget.


Hari kamis pas pengambilan darah, perawatnya sampe bingung mau ambil darah dimana. Karena lenganku udah banyak bekasnya, pergelangan tangan juga, sempet dipunggung tangan tapi ngga keluar daraahnya. Akhirnya dipindah lagi. Ini yang paling nyebelin dari opname, diambil darahnya tiap hari!


Kayaknya efek dari kebaperanku lumayan bikin stressor berkurang, trombositku naik di 100.000, jadi siangnya aku boleh pulang. Padahal sih infusnya emang udah dimatiin sejak malem karena katanya stok infuse udah abis -__-


2 hari lagi lebaran dan aku boleh pulang. Alhamdulillah.. kemudian temenku ngechat bilang udah didaftarin sidang. Alhamdulillah lagi..


“Bilakah datangnya pertolongan Allah ? Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat” – Al baqarah : 214


Meski sampe rumah masih mengalami penurunan kapasitas fisik dan aktivitas fungsional. Tiap duduk kelamaan, pusing. Berdiri kelamaan, pusing disertai kaki berasa ngambang. Jalan beberapa langkah, pusing dan lemes.


RS yang lagi aku praktekin Cuma libur tanggal 25, 26, 27, dan 28. Jadi sebenernya tanggal 29 dan 30 udah harus praktek lagi. Tapi demi menghindari kemungkinan terburuk, aku balik solo tanggal 5 Juli. Btw tanggal 4 juli aku cek lab lagi, trombositnya udah normal tapi malah leukositnya yang kelebihan dikit. Kok kzll yaa, darah susah bener diatur.
Tanggal 6 Juli aku sidang, Alhamdulillah lancar. siapa coba yang sidang malah dikasih duit dua ribu sama penguji wkwkwk


“Dan diatas setiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi yang lebih mengetahui” – Yusuf : 76


Ternyata tugas akhir (KTI) itu bukanlah perjuangan terakhir. Masih ada ujian akhir program (UAP) praktek dan sidang. UAP praktek dilaksanain hari Selasa, kemudian nyusun makalah, lalu hari Kamisnya langsung sidang UAP. Belajar kasus dalam sehari, mana tempat prakteknya belum pernah aku praktekin. Make alatnya aja masih bingung.

Btw waktu UAP praktek penguji kan ada 3 tapi berasa gak ada yang merhatiin apa yang aku lakuin. Aku ngomong apa aja kayaknya ngga pada denger, apalagi kualitas suaraku yang kecil ini.
Dapet kasus LSS, di RS lain ngga pernah nemu kasus dengan diagnosa ginian. Belajar buat sidang, ehh pas sidang malah ditanyainnya tentang Spondilolistesis dan HNP.
ahh pertanyaan kan hak prerogatif penguji, termasuk nilai. Lain penguji kan lain juga hatinya #ehh

“dan jangannlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain” – An Nisa : 32


jadi setelah masalah sidang-sidangan ini kami tinggal berburu penguji buat minta tanda tangan. Dan dalam prosesnya pun masih ada revisi-revisi. Minta tanda tangan buat lembar pengesahan KTI, UAP, juga BAP. yang bikin jenuh ya revisinya, udah sidang tapi masih aja revisi.


Lanjut lagi bikin naskah publikasi. Bikin lembar pengesahan lagi yang artinya minta tandatangan penguji lagi dan revisi lagi. Kemudian di upload di perpustakaan kampus dan masih revisi lagi sama petugas perpus.
Kami pun bertanya-tanya kenapa hidup ini penuh revisi.
wkwkwk


“Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Dan Allah Maha Mengetahui isi hati” – Ali Imran : 154


habis ini apa lagi yaa ??


0 Responses

Post a Comment