sukma w.



Terlalu banyak cerita..
Tahun ini benar-benar melatih banyak hal
Tentang kesabaran, tentang kemandirian, tentang kemampuan, bahkan tentang keikhlasan
Memang kadang semua terasa berat
Juga sempat merasa lelah
Tapi semua akan baik-baik saja
Yaa percayalah.


Sebenarnya udah ada draft cerita dari bulan Januari sampai bulan ini. Tapi saya lebih suka menceritakan sesuatu yang baik-baik saja, biar yang jelek-jelek cepat terlupakan wkwkwk.


Surabaya.
Ini kota ke tiga yang jadi destinasi wisata rumah sakitku ._. merupakan kota terbesar ke dua di Indonesia.

Bersyukur sekaligus prihatin sih dapat disini. Bersyukur karena bisa merasakan sensasinya praktek di RS pusat rujukan, pastinya nambah pengalaman. prihatin karena lokasinya yang juauhh dari jangkauan dan biaya hidup yang mahal.



Dari sekian rumah sakit yang pernah ku praktekin, yang prosedur penanganannya terbaik memang disini. Khususnya dari segi fisioterapi ya. Ada gymnasium dan poli modalitas serta bangsal.

Saat di poli modalitas kami ngga seperti tukang alat yang Cuma nyalain dan matiin alat doang, tapi disini ada dosisnya. Beda keluhan beda arusnya, beda frekuensinya, beda durasinya.

Di Gymnasium selalu menjunjug konsep anamnesis dulu. Jadi berbagai tes spesifik kami lakukan dan teknik penanganannya bermacam-macam. Sempet heran saat pertama kali disini karena penanganan satu pasien sekitar 30 menit sampai 45 menit. Ditempat lain? Ahh jangan ditanya. Mungkin karena senior disini kebanyakan dosen juga, makanya prosedur teori bener-bener dipraktekkan.


Senior disini juga care sama mahasiswa praktekan gini. Mereka juga ngga pernah beda-bedain institusi. Karena belakangan  merasa institusiku itu terlalu sering dipandang sebelah mata sama lahan-lahan praktek.
Senior disini terbaiq deh.


Sayang banget ngga sempet jalan-jalan, karena banyaknya tugas ICF tiap hari dan SK tiap minggu. Tapi sempet main ke Tunjungan Plaza (TP), mall yang udah kayak sinetron ber episode gitu. Kesana berempat masuk lewat TP 4 keluar-keluar udah di TP 1. Disitu Cuma mampir ke matahari trus ke foodcort sama pizza hut doang.


Sempet bosan karena ngga punya kendaraan, kalo mau naik angkot ngga ngerti jalan, akhirnya mengandalkan go jek dan go car.


Disini tepatnya di samping rumah sakit itu ada lapangan baseball dan hockey yang sudah berstandar internasional. Waktu minggu-minggu awal gitu ngerjain SK mentok ngga dapet ide. Akhirnya milih main ke lapangan sini sambil ngerjain SK gym, duduk ditribune sambil liatin anak-anak kecil main baseball. Sebenernya masih penasaran banget sama lapangan hockey yang warna biru itu sebenernya karpet apa rumput, karena tiap sore selalu disiramin keren gitu.

Asiknya trotoar disini tuh bagus, jadi cocok buat jalan kaki. Meski jalan kaki sendirian juga ngga keki.


Mingu kedua pun nyari tempat baru buat ngerjain SK, karena kosanku jendelanya masih didalam rumah jadi berasa jenuh aja kalo dikosan terus. Setelah dipikir-pikir pergilah ke Grand City Mall, tujuannya nyari foodcort dan biasanya ada dilantai paling atas. Sampai di deretan foodcort ngga begitu peduli milih makannya, karena emang niatnya numpang duduk sambil nyari inspirasi. Oke jadi SK neuroku kelar di mall.


Minggu ke tiga atau yang terakhir hehe karena sabtu depan sudah mudik lagi. Niatnya sih ya niatnya pingin main ke House of Sampoerna, jembatan merah, jembatan suramadu, kenjeran park, cfd di taman bungkul, sunmor di kampus c unair, mampir ke marvell city mall, ciputra world mall, museum Surabaya, tugu pahlawan, balaikota, museum kapal selam. Tapi ternyata Allah ngga meridhoi, tiba-tiba demam dari malam jumat sampe minggu masih pusing. Jadilah bedrest dikost sambil gerjain SK bedah dan poli.

Hari jumat diminggu terakhir, jumat kan emang pulang lebih awal dari hari biasa, jam 2.30 udah bisa pulang meski kemaren molor karena harus pamit-pamitan dulu sama semua orang sampe ka rehab. Pas pulang itu sempet nanya ke temenku, “Besok udah pulang, yakin hari ini ngga mau kemana-mana?” tapi sepertinya temenku pada kurang suka jalan-jalan gitu. Temenku yang lain lagi pergi dan ada yang punya acara sendiri.
Jadilah pas itu langsung pulang ke kost buat shalat dan ganti baju doang kemudian langsung cusss mengarungi jalanan wkwk


Waktu yang terlalu mepet dan meskipun aku suka malem, tapi tetep khawatir kalo pergi malem-malem --takut masuk angin-- #ehh

Jadi selama sesorean itu dapet 3 tempat. Pertama ke Museum Surabaya lanjut ke Monumen Tugu Pahlawan dan terakhir ke Balaikota Surabaya.


Selama di Surabaya itu berasa yaampun… Allah ngga henti-hentinya bantuin aku. Tanpa sadar selalu mengarahkan aku, ya meski kadang jalan ceritanya ngeselin tapi yakin aja kalo itu sekenario terbaik dari Allah untukku.
Alhamdulillah banget. Meski kadang emang ngerasa sendirian tapi Allah selalu menyadarkan kalo aku ngga sendiri.



Oiya waktu jalan kaki ke RS sempet juga ketemu mas-mas yang tiba-tiba nanyain kantor polisi gitu. Dia naik motor, bilangnya sih dia baru kecopetan dompetnya dan mau pinjem uang. Sempet kepikiran jangan-jangan penipu, udah mau ku tinggalin aja orang ini. Tapi orangnya bilang pinjem buat beli bensin, setelah ku pikir-pikir kasian juga terlepas dari bohong atau ngga. Akhirnya ku kasih deh ya kira-kira cukup lah kalo diibaratkan bensin bolak balik ums sampe balaikota solo. Awalnya dia mau ngasihin hp nya ke aku, buat jaminan katanya tapi malah aku yang takut haha. Akhirnya orang itu pergi, tapi anehnya aku ngga sempet liat plat motornya. Yakali kalo plat dalam kota masa ngga punya temen.

Waktu itu Cuma mikir positif aja, inget kata-kata ibu. ‘kalo ada orang minta-minta dikasih aja, kali aja itu malaikat yang lagi menyamar.’ Selama mintanya masih wajar ya, yang ngga wajar kayak minta jodoh misalnya wkwk


Dan ya pas malem terakhir tidur dikost itu berasa kayak ada sedih-sedihnya gitu. Sampe terharu, entah karena bakal kangen sama kota ini atau karena ternyata aku berhasil ngelewatin hari-hari disini.


0 Responses

Post a Comment