sukma w.



Tugu ini didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam perang melawan Belanda. Didirikan pada tanggal 10 November 1951 dan diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 10 November 1952. Terletak di Jalan Pahlawan, Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Berada di depan kantor Gubernur Jawa Timur.

Tugu pahlawan dibangun dalam bentuk paku terbalik yang memiliki ketinggian 41,15 meter dengan diameter atas 1,3 meter dan diameter bawah 3,1 meter. Di bawah monumen dihiasi dengan ukiran "Trisula" bergambar, "Cakra", "Stamba" dan "Padma" sebagai simbol api perjuangan.


Monumen Tugu Pahlawan dilengkapi dengan museum yang berisi tentang sejarah perjuangan 10 November yang sekarang diperingati sebagai hari pahlawan.



Kebetulan aku datang ke monumen ini jam 4 sore sehingga museum udah tutup. Saat sore area ini banyak dipake warga sekitar untuk berjalan-jalan, olahraga, berselfi, ataupun sekedar nongkrong.

Seperti yang udah pernah ku ceritakan disini, aku datang kesini sendiri dan sama sekali belum pernah kesini. Jadilah dikit-dikit nanya orang, Cuma mau masuk ke area tugu pun takut nyasar sampe nanya satpamnya dulu.


Pertama masuk langsung disambut oleh patung Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta yang berdiri tegak dikelilingi tiang-tiang dibelakangnya.
Disebelah kanan dan kiri terlihat taman-taman bunga yang ditata miring, juga terdapat kanopi dibeberapa titik tepi lapangan juga alat perang.

Tugu pahlawan berdiri tegak ditengah lapangan. Disekelilingnya tersebar tugu-tugu kecil yang mengelilinginya.


Hal yang menyebalkan dari sendirian adalah ngga ada yang ngefoto. Jadi cuma mengandalkan jurus kepepet yaitu pake timer! Meski jadi harus bolak-balik pencet kamera dan menyiapkan posisi tapi seengganya jadi keliatan ngga sendirian karena dikira ada yang fotoin wkwkwk


Pas lagi ribet sendiri ngatur timer di deket gapura putih emas tiba-tiba datang seseorang. Ternyata beliau keamanan disini, dan dengan baiknya nawarin mau ngefotoin. Aku pun diajak keliling sambil dijelaskan tentang tugu ini.


Oiya bangunan berbentuk pyramid dibelakang tugu adalah museumnya. Hari Senin – Jumat buka jam 08.00 – 14.30 sedangkan Sabtu – Minggu buka jam 08.00 – 13.30, untuk pelajar biaya masuknya gratis dengan menunjukkan kartu pelajar.


Patung yang terdiri dari tiga orang merupakan makam pahlawannya. Katanya pahlawan-pahlawan yang telah gugur dikumpulkan untuk dikuburkan secara masal di lokasi ini.


Fasilitas disini cukup lengkap, karena udah mepet maghrib aku pun shalat magrib disini. Setelah magrib tugu pahlawan disorot oleh lampu berwarna warni. Cantik.


Tapi karena udah sore dan kebetulan mendung,  fotonya rada gelap. Harus diedit dulu jadi kecerahannya beda-beda :D



Labels:
0 Responses

Post a Comment