sukma w.
Ketika suatu hari saya bilang “saya udah pernah khatam kitab” tiba-tiba orang-orang liatin saya seakan saya ini penganut aliran sesat.

 
macam
Dengan ekspresi kaget, suara naik satu dua oktaf, mata sedikit melotot mereka tanya. “Kitab apa?”
Saya berasa salah ngomong. Dalam hati Cuma mikir “seperti apa kitab dalam bayangan mereka?”




Di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dulu selepas khatam Qur’an (ditempat saya masih menggunakan acara arak-arakan keliling desa pake kuda, becak, gitu-gitu, ada drumbandnya juga, kadang pake angklung dan kawan-kawannya untuk memeriahkan khataman) dilanjutkan dengan ngaji kitab. Kitabnya macem-macem, salah satunya kitab Safinh dan Sulam taufik.


Saya pernah iseng tanya sama orang yang .. mm.. sebut saja beda lingkungan dengan saya. “Kitab itu menurutmu kayak apa sih?”
Dia jawab katanya semacam tulisan arab tanpa harokat yang isinya entah. Yaa kira-kira begitu image ketika orang-orang denger kata kitab.


Padahal kitab yang saya pelajari dulu itu bacaan biasa yang isinya semacam rukun islam, syarat wudhu, arti syahadat, gitu-gitu. Disitu nantinya dijelasin perkata dengan bahasa jowo.

Padahal saya aja baca bahasa jawanya masih belum lancar meskipun pake harokat (karena pelafalan bahasa arab dijawakan agak aneh memang) apalagi kalo ngga pake harokat. Bisa-bisa aku baca fathah semua -,-”


Contoh baca kitab..
isi

Alhamdu, utawi sakabehane puji
Iku Lillahi, kagungane Allah
Rabbil ‘alamina, kang mangerani wong ngalam kabeh
Wa bihi, lan ing Allah
Nasta’inu, nyuwun pitulung kula
‘alaa umuriddunyaa, ingatase piro-piro perkara dunya
(baris pertama) dan seterusnya



Mereka --yang beda lingkungan sama saya—seakan asing dan nganggap tabu sama kitab. Ya kitab ini kan Cuma buku, buku dalam bahasa arab kitabun.
Adakah yang salah dengan baca buku ? :)




Selamat Ramadhan ...



Reaksi: 
0 Responses

Posting Komentar