sukma w.


Ini bukan nama penyakit baru kok, DOTS itu Descedeants Of The Sun. drama korea yang lagi booming belakangan ini. Temanya tentang profesi, salut sama tema yang gak mainstream. Bercerita tentang tentara dan dokter yang diselipi bumbu-bumbu romantis dan penuh tangis.
 
Descedeants of the sun
Sebelum nonton drama ini disaranin buat nyiapin mental dulu deh, siap-siap baper maksudnya. Apalagi soundtrack dan backsong nya, meski gak tau artinya tetep sukses kebawa galau..


Awal mulanya sih klasik ya, semacam cinta pada padangan pertama gitu. Tapi bumbu-bumbu yang diracik pas banget, bisa menaik turunkan emosi penonton. Bagian yang bikin galau sekaligus baper sekaligus mupeng itu pas adegan ‘Yoo Si Jin’ dijemput di helipad rumah sakit tempat ‘Kang Mo Yeon’ bekerja.


Setelah itu cerita mengalir biasa pasang surut kehidupan. Bagian yang bikin nangis-nangis Bombay itu pas ‘Yoo Si Jin’ dinyatakan gugur waktu melakukan tugas. Apalagi di surat kematiannya tertulis penyebab kematiannya karena kecelakaan mobil. Padahal posisinya saat itu kan lagi membela Negara, tapi tetep aja kematiannya harus dirahasiakan. Terus setiap akan bertugas mereka selalu melepas kalung yang ada tulisan namanya, katanya sih biar kalo mereka mati mayatnya ngga terlacak.

Di drama itu juga ada adegan sore hari ketika lagu kebangsaan dikumandangkan. Tiba-tiba semua tentara berdiri sambil hormat kearah sumber suara yang diatasnya ada bendera berkibar. Entah apa beneran disana memang bertradisi seperti itu atau Cuma buat drama aja.
 
hormat grak
Disini salah satu yang aku tau di batalyon infantry mekanis sekian sekian setiap pagi dan sore juga dikumandangkan lagu  kebangsaan. Tapi bedanya orang-orang disini tetep berkutat dengan kesibukannya masing-masing. Seolah lagu kebangsaan yang dikumandangkan itu Cuma semacam formalitas dan sebagai tanda pergantian hari.
 
big boss

‘Yoo Si Jin’ atau yang biasa dipanggil Big Boss merupakan kapten pasukan khusus tim Alfa. Kutipan yang paling aku suka “tentara akan selalu hidup dengan menggunakan kain kafan. Saat kau mati di negeri antah berantah demi kepentingan bangsamu, maka tempat kematianmu itu akan menjadi kuburanmu. Dan seragammu akan menjadi kain kafanmu.”
 
tembak adek dong bang :D

Yaampun sosweet banget kan kata-katanya, segitu besarnya rasa cinta pada bangsanya. Berkorban dan berjuang tanpa tanda jasa padahal gaji gak seberapa. Bandingin sama pejabat Negara yang suka pake uang panas tapi hidupnya diruangan ber AC. Sedangkan orang-orang kayak ‘Yoo Si Jin’ mereka tinggalnya panas-panasan.

 
Song Jong Ki
Sosok ‘Yoo Si Jin’ diperankan oleh Song Jong Ki. Kemaren kelasku baru pembagian tempat preklinik, kebetulan kita juga ada lokasi di TNI AU. Tiba-tiba pada heboh berharap dapet di TNI AU, katanya sih kali aja ada ‘Yoo Si Jin’ versi Indonesia. Aku dapet di RS Moewardi, ya kali aja ada ‘Doctor Stranger’ versi Indonesia juga wkwkwk


Sosok-sosok pejuang bangsa, ada juga sosok-sosok pejuang kampus. Disebutnya sih anak organisasi, gak beda jauh sama tentara juga. Mereka berjuang bikin acara ini itu, tiap malem rapat ini itu, tujuannya buat semua mahasiswa. Gak dapet uang, ngeluarin uang yang ada. Tapi sama penghuni kampus suka dinyinyirin ‘ngapain sih rapat mulu’ gak sadar yang mereka ikutin hasil kerja keras panitianya.


Tentu aja ada alasan kenapa ada orang yang rela mengorbankan banyak hal demi sesuatu yang nggak bisa diukur pake materi. CINTA, satu kata yang menjamah semuanya.
Cinta itu Bangsa
Cinta itu Negara
Cinta itu Tanah Air
Cinta itu Kampus
Cinta itu…. Kamu #ehh







0 Responses

Post a Comment