sukma w.
Baru kali ini megang electrical stimulation rasanya kayak habis ikut dokter bedah jantung pasien.

Syok, kaget, dan bener-bener bikin deg-degan.


Biasanya kalo nonton drama korea tentang dokter bedah gitu ikut deg-degan juga liatnya. Nah praktikum siang tadi rasanya udah kayak ikutan bedah pasien.

Awal mulanya sih semua berjalan dengan baik, sampai di bagian ngatur intensitas. Intensitas 1.. 2.. masih bener, pas puteran yang ke tiga tiba-tiba intensitasnya berubah drastis di 29. Langsung diputer lagi kembali ke 2, tangan udah lepas nih yah dari puteran. Tiba-tiba di layar udah muncul aja angka 14.

Pasien udah teriak kesakitan, temen-temen lain ikut teriak-teriak kayak mau demo bbm “turunin.. turunin.. turunin..”.

Akhirnya Fisioterapisnya pun ikut panik sendiri, mana itu alat ngga ada tombol stop nya. Ngga ada yang tau tombol powernya. Tadinya kepikiran mau narik kabel yang nyambung ke stopkontak, tapi posisinya terlalu tinggi. Jadilah langsung pencet ganti arus, dan intensitas pun kembali normal.
Semuanya pun menarik napas lega kayak baru berhasil bedah pasien.

Abisnya pas lagi risuh gitu yang ada dikepala tuh Cuma gimana caranya matiin ini alat supaya pasien ngga kesakitan lagi. Otak udah blank, posisi panik banget.



Mungkin ini efek praktik ke orang yang sama-sama tau efeknya, sama-sama tau rasanya, dan sama-sama tau prosedurnya. Jadi kalo ada yang melenceng dikit itu ribut, bikin panik yang megang alat.

Kalo yang diterapi ngga ngerti alatnya kan bisa aja kita ngeles ini itu sambil nyoba matiin alatnya. Karena disini  sama-sama ngerti gitu jadi yaa gitu.



Setelah tanya ke dosen, katanya alatnya emang udah tua jadi kadang suka ngadat. Dan setelah insiden ini ngga pada berani jadi pasien maupun fisioterapisnya

-____-
0 Responses

Post a Comment