sukma w.
Sesuatu yang beda. Yang lain dari kebanyakan, unik. Disebut sebagai sesuatu yang aneh. Lalu orang-orang berusaha mengubah sesuatu itu menjadi sepeerti kebanyakan, seperti umumnya.
Bukankah perilaku orang-orang itulah bagian anehnya?
Kenapa harus sama, sedang pelangipun berwarna warni?


Entah kalo mau cerita tentang ini tuh gini gini, itu tuh gitu gitu kadang berasa susah banget ngungkapinnya. Yaudah jadideh kata-kata itu yang semoga aja ngerti maksudnya -_- tapi pas di share di facebook tiba-tiba banyak yang ngelike, dan pas nulis PM di BBM tiba-tiba ada yang repost. Entah mereka lagi ngerasain sesuatu yang sama dengan saya atau gimana.

Sebenernya sih Cuma pingin bilang apa salahnya menjadi berbeda, apa salahnya menjadi lain dari kebanyakan. Tapi faktanya orang ‘kebanyakan’ itulah yang berkuasa, kalau ingin berkuasa jadilah bagian dari ‘kebanyakan’.


Trus kan yah kemaren ada kajian gitu dan ada sepotong kata yang menarik. Intinya sih kalau melakukan perjalanan atau bepergian hendaklah bersama temanmu. Pokoknya ngga sendirian gitu ya..

Disitu ngerasa bingung dengan statement tersebut. Kalo kita pergi harus bareng temen bukankah itu artinya kita tuh ngga mandiri?
Setelah nyari-nyari di google katanya mandiri itu sama dengan egois. Disini saya nambah penasaran.

Dulu tuh pas aku ke supermarket ketemu senior, dia nanya “Sama siapa?” ll “sendirian, mba..” ll “Loh kasian banget kamu kok Cuma sendirian.”

Aku sempet mikir bagian mananya yang kasian? Apa ngga wajar kalo saya ngelakuin sesuatu sendiri? Saya biasa bolak balik Solo – Kebumen sendiri, dan saya baik-baik aja. Memangnya ada yang salah? Apa saya harus nungguin temen-temen saya yang satu daerah dengan jadwal beda-beda Cuma buat pulang bareng?

Mandiri itu ketika bisa nyelesain masalah pribadi secara pribadi. Dan saya rasa kalo Cuma buat ke supermarket buat beli peralatan pribada rasa-rasanya sendiri pun ngga masalah.
Tapi soal kalimat yang di kajian itu masih agak ngambang, dulu pernah denger juga sih tentang anjuran itu. Cuma yaa gitu..
Kata sebaiknya bersama teman kan kalo ditelaah berarti sendiri atau bisa dibilang mandiri ngga lebih baik dengan bersama orang lain. Jadi mandiri itu perbuatan baik atau buruk kah?

Lalu tiba-tiba ada senior juga yang bikin PM, bunyinya “egois itu ketika kamu menyimpan perasaanmu sendiri..” pernah baca juga kalimat itu entah dimana.

Menyimpan perasaan sendiri itu egois? Bukankah itu tanda dia mandiri? Dia merasa mampu menyelesaikan masalah internal dirinya sendiri.
Jadi apa egois itu memang sama dengan mandiri.

Artinya mandiri tidak lagi menjadi sifat baik dong?

Padahal sebenernya sih menurut saya semua orang punya sisi egois, bahkan pemimpin Negara. Yaa pada dasarnya semua orang punya hasrat untuk dirinya sendiri. Pikirin aja semua yang udah kamu lakukan, pasti  kebanyakan mengedepankan untuk dirimu sendiri.


Mandiri itu terlihat egois karena dia merasa bisa melakukan apapun yang dia inginkan, dia merasa mampu melakukan yang dia butuhkan. Disitu dia keliatan seperti mementingkan dirinya sendiri.
Egois itu ketika seseorang ngga mau mendengarkan pendapat orang lain, selalu menganggap benar dirinya sendiri.
Beda tipis kan?

Tapi.. ya tapi, rasa-rasanya masih ada yang kurang. Ada yang salah, mungkin. Bisa jadi. Entahlah..



@DearestSukma
0 Responses

Post a Comment