sukma w.

Lahir ® Hidup ® Mati
       Sebenernya hidup itu sederhana, kita Cuma lahir lalu bertahan hidup dan menunggu mati kemudian mati. Kita punya waktu yang sama yaitu 24 jam. Didalamnya kita harus bisa nata waktu serapih mungkin. Ada waktu untuk urusan dunia, ada waktu untuk urusan akhirat, dan ada waktu untuk diri sendiri atau bersantai.
       Pasti kenal yang namanya remidi? Aku tau udah berkali-kali nulis tentang remidi disini, kayaknya ketauan banget kalo sering remidi deh.
       Coba inget-inget perasaanmu pas tau kalo kamu remidi. Nyesel? Lumayan. Sedih? Ada. Pingin marah? Iya. Apalgi pas malem hari sebelum remidi itu udah belajar buat remid biar ngga diulang-ulang terus, eh paginya malah dapet kabar remidinya diundur. Trus ???
       Nyesel udah belajar?
Pokoknya rasanya ngga jelas, antara seneng dan ngeganjel. Kalo aku sih ngerasa kayak punya hutang gitu. Tau kan kalo sampe kita ngga ikut remidi rapor kita bakal jadi kayak apa nantinya..
       Yang ngebuat heran itu bagian, kalo remidi rasanya ngeganjel serasa punya hutang. Tidur ngga nyenyak, makan ngga enak, pelajaran ngga semangat. #tipetanggungjawab
Tapiiii beda lagi pas kita punya hutang puasa. Udah jelas-jelas namanya HUTANG, tapi kok tetep ngga kerasa ya? Keliatannya masih depresian orang yang ngga tuntas-tuntas pas remidi daripada orang yang belum ngeganti puasanya.
       Mungkin itu gara-gara kalo remidi ngga tuntas resiko taun depan ngga naik kelas. Tapi kalo ngga ngeganti puasa? Emangnya bakal ngga naik kelas? Ngga panjang umur? Ngga kan?
       Kayaknya kalo kita tau aja kapan waktu kita bakal kembali keasal kita, mungkin ada sedikit kesadaran buat ngeganti puasa. Soalnya orang emang udah terlanjur berpikir mati itu kalo udah tua, puasa juga kalo udah tua aja toh udah ngga bisa makan apa-apa juga.
       Coba kalo kita tau taun depan kita ngga bakal bisa ikut lebaran. Mungkin taun ini kita bakal puasa penuh. Itu karena kita tau, karena kita ngerti.
       Tapi sebenernya disinilah uniknya, teka tekinya. Kita harus selalu siap kapanpun waktu kita kembali, kayak ulangan dadakan gitu. Tergantung sama kesiapan kita setiap harinya, emang kesannya maksa banget. Idup emang ngga bebas dan ngga ada yang gratis. Kita boleh hidup di bumi Allah, dan kita ngebayarnya dengan beribadah. Hanya sesederhana ini..
       Dan yaa selamat hidup, ini bumi Allah jadi ikuti aja aturan main-Nya.
^^



@DearestSukma
©SukmaGR34T
0 Responses

Post a Comment