sukma w.

Beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan mahasiswa untuk berhemat.

Pengalaman dan perjalanan menjadi mahasiswa ternyata bisa mempengaruhi masa depan. Memilih teman bergaul, lingkungan kost, dan aktivitas diwaktu senggang bukanlah perkara yang remeh. Kesalahan dalam memilih pergaulan dapat mempengaruhi pola pikir dan tujuan hidup jangka panjang.




1. Teman Bergaul

Sebagai manusia tentu kita tidak bisa hidup sendiri dan harus bersosialisasi. Kata orang dalam berteman sesama manusia tidak boleh pilih memilih. Faktanya dalam kehidupan ini ada banyak hal yang harus dipilih, termasuk teman. Sebagian besar waktumu pasti dihabiskan bersama teman. Mulai dari membeli sarapan, fashion, dan gadget yang kamu pakai biasanya tidak jauh berbeda dari teman-temanmu.


Memiliki teman yang mau menemani disaat suka dan duka adalah suatu keinginan setiap orang. Teman bisa membawamu ke jalan kesuksesan, tapi ada juga yang justru membawamu dalam kegelapan. Jika kamu memiliki teman dekat yang suka hangout, main ke bar, dan sering titip absen kuliah. Maka tidak menutup kemungkinan jika suatu saat kamu akan seperti dirinya. Namun jika kamu punya teman yang semangat kuliah, rajin belajar, dan berhemat. Jiwa kompetisi itu ada, sehingga tidak menutup kemungkinan kamu juga akan sama dengannya.




2. Memilih Kost

Memilih kost juga merupakan sesuatu yang penting saat kamu memutuskan untuk tinggal jauh dari rumah. Memilih range biaya kost, fasilitas kost, jarak kost ke kampus, bahkan teman kost menjadi pertimbangan tersendiri. Agar kost lebih hemat:


a. Pilih kost untuk sekamar berdua

Biasanya biaya kost untuk sekamar berdua cenderung lebih murah. Memang tantangannya ruangan akan terasa lebih sempit, tapi setidaknya selalu ada yang menemani bukan?


b. Kontrak rumah

Tinggal bersama teman dekat tentu terasa menyenangkan. Apalagi kontrak rumah biasanya dilengkapi dengan fasilitas dapur, bisa sekalian masak sendiri setiap hari. Belum lagi tidak ada batas jumlah penghuni rumah kontrakan, kamu bisa menempatinya rame-rame.


c. Numpang tinggal

Numpang tinggal biasanya dilakukan dari seorang yang tinggal sendirian dan membutuhkan teman. Biasanya yang menawarkan ini lansia yang tinggal sendiri di rumah dengan jarak yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari kampus. Tentu untuk yang satu ini butuh info jalur dalam ya.

Saya pernah ditawarin dari organisasi kampus untuk menemani nenek-nenek yang tinggal sendirian, katanya gratis. Tugasnya hanya menemani neneknya tinggal di rumahnya, neneknya masih bisa aktivitas biasa. Tapi karena saya punya kegiatan lain yang membuat saya kadang pulang malam, jadi saya tolak.


d. Takmir masjid

Ini khusus untuk cowok muslim ya. Masjid-masjid di sekitar kampus biasanya punya ruangan untuk takmir masjid. Mahasiswa yang menjadi takmir masjid boleh tinggal di ruangan tersebut, tentu dengan tugas dan tanggung jawabnya.




3. Aktivitas

Sebagai mahasiswa rantau aktivitas harian biasanya hanyalah sekitar kampus dan kosan. Jika weekend tiba dan kebetulan tidak mudik, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan tanpa menghabiskan uang.


a. Jualan

Online shop sudah bukan sesuatu yang baru lagi, banyak mahasiswa yang memanfaatkan sebagian waktunya untuk bisa mendapatkan tambahan pemasukan. Mulai dari dropship dasar seperti pakaian, tas, skincare, bahkan membuat buket wisuda, membuat rajutan, atau produksi hijab sendiri.


b. Parttime

Bekerja sambil kuliah? Bisa.

Kalau kuliah sambil bekerja? Juga bisa.

Tempat yang mempekerjakan partime paling umum di mall atau restoran. Biasanya bisa dilakukan dari jam 17.00 – 22.00 atau tergantung kesepakatan. Jika berminat mencoba, cari tempat yang cukup dekat dengan lokasi kampusmu agar mudah membagi waktu.


c. Ikut kegiatan eksternal

Kegiatan eksternal banyak macamnya, baik yang berbentuk pengabdian maupun yang berbau politik. Kegiatan pengabdian pun beraneka ragam , kamu bisa mengikuti sebagai volunteer kegiatan yang sesuai minat, dan visi misimu. Biasanya kegiatan seperti ini dilakukan oleh organisasi. Selain dapet kenalan baru, lumayan juga kan dapet nasi kotak.

Datang di kegiatan yang berbau politik seperti sosialisasi dari DPRD atau MPR juga ngga ada salahnya loh. Kamu bisa dapat ilmu baru, snack, makan siang, dan ini paling penting -uang saku- . lumayan kan.



Oke itu beberapa rekomdasi hidup merantau berhemat dan menghasilkan.

0 Responses

Post a Comment