sukma w.

Atlet Bulutangkis Indonesia yang berlaga di World Tour Final (WTF) China dipastikan tidak ada yang melaju di semifinal. Pasangan MD world number one Marcus/Kevin (INA) pun terpaksa Walkout karena cidera. Sangat disayangkan sebagai penutup akhir tahun dengan kejutan yang berbeda.


Jari netizen yang setajam jarum cukup menyakitkan jika dirasakan. Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin gagal. Tapi bukankah semua orang sudah berusaha? Bukankah semua orang berdoa? Meskipun Tuhan kita tidak sama, entah doa milik siapa yang kan jadi nyata. Apapun jawaban Tuhan atas doamu percayalah itu yang terbaik.


Orang yang paling kecewa atas kegagalan adalah diri sendiri. Maka orang lain tidak perlu menyalahkan orang yang gagal, karena ia sendiri pun tidak menginginkannya.


Setelah buka sosmed sempet kasian sama mereka. Tapi ketika aku inget mereka udah auto PNS dan crazy rich sedangkan aku daftar CPNS aja terancam coba lagi. Akhirnya aku kasian sama diriku sendiri :D


Isu akan dibukanya CPNS sudah beredar dari awal tahun. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya jadwal mundur-mundur terus. Pengumuman formasi bulan September, setelah cari-cari info dari berbagai PemKab, PemProv, dan Kementrian/Lembaga ternyata yang membuka formasi sesuai jurusanku tidak merata.
Sebenernya pingin daftar di Kabupaten sendiri biar deket sama rumah. Tapi sepertinya APBD Kabupaten masih belum mampu untuk membiayainya, terbukti hanya sekitar doremifasol PNS profesiku seKabupaten.

Dengan berbagai pertimbangan akhirnya memilih daftar di Pemkab dari provinsi sebelah. Pelaksanaan SKD bulan November. Sempet galau karena hasilnya ngga lolos Passing Grade.


Seperti yang pernah aku tulis disini presentase kelulusan PG tahun ini sangat rendah.
Karena penasaran dengan nilai teman satu formasi akhirnya aku bikin rekapan datanya. Sayangnya pihak Pemkab tidak memberi tahu daftar pelamar per instansi jadi dengan sangat niat aku bikin sendiri dan ini rekapan formasi se-Kabupaten.


hijau lolos ketiga PG, merah tdk lolos PG.
nama disamarkan.


Ternyata dari 5 instansi hanya ada 5 orang yang lolos PG, padahal total yang dibutuhkan untuk 5 instansi adalah 7 formasi. Dari sini mulai ada secerah harapan karena entah kenapa skorku paling tinggi di kabupaten itu, meskipun ngga lolos PG seenggaknya ngga terlalu buruk.


Beberapa hari berlalu, akhirnya pemerintah mengeluarkan peraturan baru. peraturan tersebut ditujukan bagi instansi yang masih kekurangan formasi yang lolos. Jadi yang lolos PG tetap diutamakan, sisanya dengan perankingan.

Kebetulan instansi yang aku pilih membutuhkan 3 formasi. Dan 2 diantaranya sudah lolos PG, kekurangannya diambil dari hasil perankingan. Kurang 1 jadi 1x3 dan aku termasuk didalamnya. 3 orang merebutkan satu formasi tersisa.


Sebelum SKB sempet nervous karena ngga ngerti mau belajar yang gimana. Materi kuliah atau kesehatan umum atau yang berhubungan dengan PNS. Tesnya bulan Desember, kabarnya hasil SKB tanpa PG jadi langsung tinggi-tinggian nilai dengan format kurang lebih 40% 60%.
Setelah mengerjakan selesai hasil SKB langsung keluar. Belum puas karena hasilnya belum sesuai target. Tapi emang aku kurang belajar materi yang keluar disoal. Ternyata hanya sekitar 35% soal jurusan dan sisanya soal kesehatan umum seperti visi misi kemenkes, UU kesehatan, BPJS, hari-hari kesehatan, Nawacita, Pembangunan kesehatan, SDGs dan semacamnya.


Keluar ruangan liat live score, setelah ketemu nama temen yang satu instansi mulai hopeless. Ternyata dia diatasku tipis. Setelah aku rumus sendiri dengan 40% 60% ternyata jarak kami hanyalah sekitar 0,8.
Hmm.. ternyata tikungan cukup tajam.
Dari Pemkab hasil SKB diurutkan se Kabupaten lagi. Setelah diliat-liat nilaiku ngga jelek-jelek banget deh. Kurang bejo aja, mungkin harusnya minum bejo biar kayak jojo -__-

kode P1/P2 itu yang satu instansi sama aku
  

Well yaa.. ini pertama kalinya ikut seleksi CPNS. Sepertinya memang belum beruntung.


Darisini aku dapet beberapa hal yang harus diperhatikan saat ada penerimaan CPNS.
Pertama..
Belajar harus merata karena kita bukan banyak-banyakan skor aja tapi melampaui ketiga sektor PG. jadi ngga boleh Cuma fokus di TIU aja atau TKP aja tapi harus imbang antara TWK TIU dan TKP.
Kedua..
Butuh strategi pilih instansi. Banyak yang ngga lolos di instansi A padahal dia lolos PG Cuma karena di instasi A udah banyak banget yang lolos PG dengan skor diatasnya. Sedangkan di instansi B ngga ada satu orang pun yang lolos PG. nahh yang kayak gitu kan jadinya nyesel, coba daftarnya di instansi B  pasti udah langsung SKB.
Ketiga
Jangan lupa berdoa. Manusia memang diwajibkan untuk berusaha, tapi Tuhanlah yang kan menentukan hasilnya.



Oke setelah sampai disini kemungkinan lolo memang masih ada tapi sangat tipis. Kecuali kalo satu dari tiga orang di instansi yang aku pilih itu:
1. Saat pemberkasan berkasnya ngga lengkap
2. Terbukti pengguna narkoba
3. Mengundurkan diri
4. Meninggal dunia

Tapi sepertinnya keempat poin diatas adalah suatu kemustahilan yang mendekati tidak mungkin kuadrat. Maka dengan lapang dada dan jiwa kesatrika ku ucapkan selamat untuk kita semua yang sudah berjuang :)


0 Responses

Post a Comment