sukma w.



Hari ini untuk yang pertama kalinya aku masuk ke kantor Dinas Perhubungan (Dishub) kota setempat untuk mengurus perizinan.

Sebenernya sih tinggal ngambil surat konfirmasi aja katanya, makanya aku oke in aja. Surat perizinan sudah masuk kantor hari Selasa kemarin, meski sebenernya jumat kemarin udah masukin surat juga untuk hari minggu lalu. Tapi ditolak karena terlalu mepet katanya, padahal aku bikin dua surat untuk dua tujuan dengan membawa dua nama berbeda dan dilayangkan pada hari yang sama. Anehnya yang satu di acc sedangkan yang satu lagi ditolak.

Jadi aku berada disini karena penolakan surat minggu lalu #uhukk


Sampe didepan meja pegawai yang bersangkutan tanya deh tentang nasib si surat itu. Karena temenku pesen ‘bilang aja dari HMP Fisioterapi mau ambil surat konfirmasi’ jadilah disana bilang demikian. Pas mbanya liat-liat dokumen katanya ngga ada surat masuk dari HMP Fisioterapi, ditanya deh kapan masukinnya dan segala macem. 

Berhubung yang masukin surat ke dishub bukan aku, panik sendirilah jadinya. Nanya temen slow respon semua, setelah nunggu ada respon sih tapi nasib suratnya masih belum ketemu.

Beberapa puluh menit kemudian datang seorang ibu-ibu, beliau katanya udah ngasihkan surat dari minggu lalu. Tapi hari ini belum jadi, tau sendiri lah kalo ibu-ibu itu suka blak-blakan kalo ngomong. Kalo aku masih cukup dibatin aja.


Si ibu ini mengkritisi keadaan pegawai pemerintahan masa kini, contohnya yang sedang didepan kami. Mulai dari meja yang berantakan, banyak debu dimeja, sampe masalah pelayanan dan kinerja pegawai yang kurang memuaskan.

Pegawai didepan kami yang kebetulan mba-mba cantik itu sampe dongkol, apalagi saat insiden fotokopi rusak dan disindir ibu tersebut.

Setelah beberapa puluh menit kemudian datenglah kakak tingkatku dikampus, ngambil surat juga tapi dengan membawa nama yang berbeda. Tapi tetap bernasib sama, harus nunggu!


Suratku masih belum ketemu, kami menunggu dalam ketidak pastian antara ada dan tiada. Si ibu tersebut masih mengkritisi suasana kantor ketika tiba-tiba semua pegawai pergi. Aku ditinggalin :(

Ketika akhirnya si ibu tersebut mendapatkan suratnya dengan meninggalkan suasana baru karena pegawainya misuh-misuh dengan kritikan blak-blakannya. Aku masih menunggu.


Tiba-tiba ada bapak-bapak baik yang nyuruh si mba buat bikini surat konfirmasi perizinan, tapi mbanya ngga mau karena surat masuknya belom ketemu katanya. Tapi bapak-bapak baiknya tetep bilang ngga papa, akhirnya mbanya dengan tampang terpaksa nulisin surat tersebut. tapi sebelum suratnya bener-bener diketik sampai selese mbanya udah ngilang lagi aja.


Sekitar jam 11 (2 jam menunggu)  barulah muncul mba yang kemaren nerima surat, dan ternyata di kop surat sama si mba Cuma ditulis Fakultas Ilmu Kesehatan. 
Makanya mba yang satunya lagi ngga bisa nemuin surat ini meski aku udah bilang HMP Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan UMS segala.

Tapi dalam hati masih bersyukur untung aja mbanya ngga Cuma nulis Universitas doang, bisa-bisa minggu depan baru ketemu ini surat. Padahal kan jurusan di fakultas ngga Cuma satu aja mbaaaa.

Bayangin aja kalo si mba ini jadi anak kesehatan, nulis diagnosa Cuma sepotong-sepotong. Suruh nunggu berjam-jam keburu bablas nah pasiennya.


mungkin harusnya sistem pendataan surat dilaptop bisa diperbaharui untuk memudahkan pengecekan surat yang sudah masuk, surat yang masih di TU, surat yang nunggu tanda tangan kepala, dan surat yang sudah ready.
Sehingga cukup jemuran aja yang digantungin, masyarakat jangan :D


Kritikan itu ada dimana-mana, jadi teman atau sahabat aja kadang dikritik. Apalagi jadi pelayan masyarakat :)


Setelah dari dishub, nyebar surat rujukan ke balaikota lantai dasar dan lantai 4 serta polres setempat.

Yeey jalan-jalan :D

0 Responses

Post a Comment