sukma w.








Kartu Tanda Penduduk menandakan seseorang adalah penduduk asli suatu wilayah. Bagi yang berusia 17 tahun keatas KTP sangat penting, dan wajib dimiliki. Sebab ketika akan membuat SIM, rekening Bank, atau mengurusi sesuatu biasanya dibutuhkan KTP.
KTP yang biasa sudah tidak berlaku lagi sejak awal 2014, sebenernya aku udah bikin KTP dari September 2013 kalo ngga salah. Dan baru jadi tanggal 14 Maret 2013.
Nyaris 6 bulan pembuatan eKTP, heran juga. Kenapa lama banget, padahal dana yang digunakan oleh Negara juga ngga sedikit loh. Belum lagi rumor yang katanya dalam eKTP ada chip yang ngga boleh diFotokopi.
Sebagai Warga Negara yang baik aku udah pingin cepet-cepet punya KTP, tapi kenapa ngga difasilitasi dengan optimal ya. Kesan kayak gini kan bikin males orang yang mau bikin KTP.
Kenapa SIM bisa cepet jadi, KTP ngga? toh datanya udah online. Tinggal masukin dionline, cetak. Selesai kan?
Yang mudah kenapa harus dipersulit?
6 bulan tanpa kepastian itu rasanya wahh. Katanya mau jadi pas Desember, trus katanya Januari. Akhirnya pas Februari udah ngga berharap punya KTP deh. Trus pas Maret katanya aku disuruh ke Balai Desa buat ambil KTP, dan ngga boleh diwakilkan.
Waktu itu hari jum’at, dan ngga mungkin banget aku ngambil pas hari Sabtu atau Minggu. Dan taukan anak SMA itu pulangnya jam 2 kurang.
Tepat hari senin, untungnya aku masih UP. Waktu itu jadwalnya olahraga, nah pulang renang sekitar jam 1.20 an aku pulang nyampe rumah cumah naroh tas abis itu cuss ke Balai Desa.
Aku ngga pernah ke Balai desa, makanya sampe nyasar. Sebernya pingin nanya orang, tapi kok ngga wajar kayaknya udah 8 tahun tinggal disini ngga tau balai desanya :D
Abisnya tiap ada pemilu biasanya diadain di SD, makanya tak kira balai desanya itu gabung sama SD, ternyata salah -_-“
Nyampe balai desa udah sepi, Cuma ada satu motor. Aku langsung turun dan liat bapak” abis jemput anaknya yang masih TK, kayaknya sih ada surat yang ketinggalan gitu.
Aku : “ misi pak, kalo mau ngambil KTP disini ya?”
Bapak” itu : “iya, tapi nggambilnya besok aja.”
Aku: “Kenapa pak?”
Bapak” itu : “petugasnya udah pulang”
Aku: “Ngambilnya jam berapa?”
Bapak” itu : “jam kerja”
Aku : “Jam kerjanya jam berapa?”
Bapak” itu : “jam 8-12”
Aku : “yahh belom pulang deh,” *aku masi pake seragam putih abu-abu*
Aku: “Ngga bisa diwakilin ya pak ngambilnya?” *pasang tampang putus asa*
Bapak” itu : “Yaudah nama kamu siapa?”
Aku : “sukma wardani”
Bapak” itu : “sukmawati”
Aku : “SUKMA WARDANI” *ngga rela :’(
Bapak” itu : “nih.. tanda tangan disini,”
Aku : “iya, makasih pak..”
        Yahh akhirnya dapet KTP, untung pas ada bapak” tadi. Kalo ngga, sampai kapan coba nunggu aku bisa pulang sebelum jam 12?
Makasih banget deh buat si bapak” itu, mana kata temen-temen biasanya suruh bayar kas kalo ambil KTP. Aku gratis, hemat 3000  :D

Moga aja kedepannya KTP bisa cepet jadinya,
INDONESIA BISA :)


@DearestSukma
©SukmaGR34T


0 Responses

Post a Comment