sukma w.

Apa kabar menjadi pertanyaan yang menyebalkan, saat diri ini ngga baik-baik aja.

Apa kabar terdengar seperti omong kosong, sebuah pertanyaan atas dasar penasaran.

Apa kabar seolah hanya pembuka pesan, saat tidak ada kepedulian di dalamnya.

 

*** 


Orang-orang berkerumun, beberapa orang menuntunku ke tepian jalan. Aku cuma bisa diam, daguku berdarah terasa sakit untuk ngomong. Perlahan-lahan pandangan mataku terasa mulai menggelap. Aku ketakutan. Ku genggam tangan mbak-mbak disampingku yang entah siapa, terimakasih memberiku kekuatan tetap sadar.


Pemilik mobil itu mendekat dan mengajaku ke rumah sakit. Aku sudah lemas sekali, dua orang menuntunku masuk ke mobil. Sampai di UGD perawat membersihkan lukaku, bertanya ini dan itu untuk memastikan kesadaranku. Dari percakapan mereka aku tau pecahan kacamataku mengenai tepian mataku. Robek dan perlu dijahit. Mereka bilang untung aja pecahannya ngga masuk ke dalam mataku. Aku mendengar mereka meringis setiap membersihkan wajahku. Aku hanya diam.

 

 

Sesekali dokter mengingatkanku untuk membuka mata, tapi saat itu mataku sangat perih. Aku ingin tetap menutup mataku untuk sementara. Setelah lukaku di bersihkan aku dibawa ke ruang radiologi. Rontgen bagian wajahku, dokternya juga sempt berpesan untuk liat kondisi bahuku. Kalo baik-baik aja katanya ngga perlu dicetak. Kebetulan bahu kiriku emang sakit banget, karena posisi jatuhku ke kiri jadi bahu kiriku seperti tumpuannya. Dan gigiku goyang, jadi aku susah ngunyah, dan susah buka mulut. Alhamdulillah hasil rontgenku baik semua. Ada dua orang teman seruanganku datang ke UGD.

 

 

Kondisiku yang lemas membuatku disarankan untuk opname di RS. Aku ngga punya BP*S. Sebagai nakes yang kerja di RS hampir 3 tahun, aku ngga punya asuransi kesehatan. Bukannya ngga mau daftar, tapi kalo aku daftar sendirian rasanya aneh karena keluargaku udah terdaftar dan karena aku udah lulus jadi otomatis keluar dari asuransi kesehatan keluarga. Aku nunggu didaftarin tempat kerjaku, tapi nggak tau tuh RS tempat kerjaku males daftarin asuransi kesehatan mungkin.

 

tangan kanan

 

Bahu kiriku masih sakit banget, bahkan Cuma disentuh aja sakit. Pas hari pertama aku ngga kuat buat angkat bahuku, hari berikutnya mulai bisa meskipun dengan nyeri. Tangan kananku itu ada lukanya, jadi mau ngga mau lengan kiriku harus ikut bantuin kerja dong. Sempet narik selimut dari kaki ke badan pake tangan kiri, rasa nyerinya itu kayak ditusuk-tusuk. Ini nyeri yang belum pernah aku rasain sebelumnya dan mungkin selama hidupku. Jadi dia tipe nyeri yang tajam dan ada sensasi menjalarnya menusuk. Bener-bener sakit. Orangtuaku sempet bilang kalo nanti pulang RS mau dibawa ke tukang urut tapi aku langsung nolak. Aku ngga bisa bayangin, disentuh aja rasanya nyeri banget apalagi diurut. Lagipula hasil rontgennya baik yang artinya ini hanya trauma karena benturan. Yang harus aku lakuin justru Protect, Rest, Ice, Compress, dan Elevate.

 

 

Malamnya di RS aku nggak bisa tidur, badan berasa sakit semua. mukaku berasa bau darah, karena bosen aku foto-foto. Siangnya perawat datang buat ganti perban, setelah perban diganti ibuku bilang “Lho perbannya jadi bersih.” Aku tanya “Emangnya yang kemaren kotor?” kata ibuku, “Ya nggak putih bersih.” Setelah beberapa hari kemudian aku liat-liat foto di HP dan baru sadar ternyata yang disebut kotor itu perbanku agak warna merah. Pantesan setiap kali makan aku bau darah ternyata memang lukanya begitu.


 

Aku opname dari jumat sore sampai minggu malam, itu karena kami yang minta pulang. Selama opname kami ngga ketemu dokter spesialisnya. Mungkin karena kasusku tergolong ringan jadi dokter spesialisnya males visit, kata perawat konsulnya lewat WA. Padahal setiap hari kami tanya apakah dokter spesialisnya bisa visit, perawat selalu mengatakan nanti tunggu. Begitu terus sampe kami sekeluarga bosan tanya.

 

 

Hari senin, hari pertama di rumah mukaku bengkak semua. Aku pikir aku tambah gendut, ternyata cuma mukaku aja yang bengkak. Aku sempet ijin kerja via WA ke HRD, tapi cuma di read doang. Kata temen-temen sih emang orangnya gitu. Senin sore perwakilan teman dari ikatan profesi datang ke rumah. Thankyou.

 

 

Hari selasa rutinitasku seperti biasa, makan makanan yang ngga perlu susah ngunyah dan minum obat. Keluarga dan teman orang tuaku datang ke rumah. Setelah melihatku mereka bilang "kok mbaknya beda ya sama di foto, ini keliatan masih kecil." "Iya kayak masih kuliah" Sambung ibu yang lain, "masih pantes jadi anak SMA" Kata ibu yang lain lagi, "malah mirip anak SMP" Sahut yang lain lagi. Ibuku balas memuji anak mereka dan aku terdiam merenung "untung ngga mirip zigot." Batinku.

 

mata merah


Menjadi orang sakit itu ternyata menjadi lebih sensitif. Kalo ada temen yang nanya "Udah sembuh?" Atau "Besok udah berangkat?" Atau "Lain kali hati-hati, makan yang banyak" Atau "Katanya lagi sakit?" Rasanya agak kesel.

Kalo boleh kasih saran, kalo ada orang sakit yang sakitnya bukan sekadar pusing tanyalah kondisinya dulu.

 

"Gimana kondisimu hari ini?"

 

Kalo kamu bahkan ngga tau kondisi temanmu rasanya lancang dan nggak tau diri banget nanya kayak gitu. Pertanyaan satu kalimat gitu tuh kesannya kayak cuma kepo doang. Apalagi kasih nasihat yang like a bullshit.

 

 

Sorenya aku ganti perban ke perawat yang sering home visit. Kondisi lukaku masih sakit, sakit banget malah. Setiap ganti perban dan dibersihin lukanya aku berasa mau nangis terus. Kayaknya aku emang lemah banget soal luka fisik. Oiya rawat luka disini biayanya 40.000 rupiah. Karena obat masih ada dari RS jadi aku Cuma rawat luka aja.

 

 

Hari Kamis jadwal kontrol ke RS ketemu DPJP yang pertama kalinya. Jadwalnya jam 5 tapi seperti dokter spesialis disini pada umumnya, ngaret sampai jam 7. Disini rumah sakit swasta dan aku pake umum. Untuk biaya pendaftaran termasuk dokter spesialis itu 90.000. Bangunan rumah sakit ini emang bagus, tapi untuk pelayanan dokter yaa standar rumah sakit di kebumen lah. 


Pendaftaran Rawat Jalan

 
bill obat dan rawat luka

Kontrol di rs pemerintah di kebumen biasanya pasiennya bisa sampe langsung 3 yang dipanggil masuk ke ruang dokter, meski diperiksanya satu satu tapi tetep aja berasa ngga ada privasi kann. Dan kali ini aku di rs swasta, dokternya cuma tanya keluhan lalu dibikinkan resep. Saat lukaku lagi dibersihkan, mereka malah diskusi tentang kasus pasien selanjutnya. Aku tau kasusku ringan tapi ngga etis aja bahas kasus pasien lain di depan seorang pasien. Setelah selesai dibersihkan aku nanya-nanya beberapa pertanyaan, tapi dokternya keliatan cuek (mungkin ini efek psikisku yang lagi sensi). Maksudku harusnya mereka menjelaskan kondisiku, gimana prognosisnya, apa yang bisa memperparah keluhan, makanan apa yang baik dimakan atau bahkan proses penyembuhan luka aku juga mau dengar. Kalo cuma ngomong keluhan terus dikasih obat tu apa bedanya sama beli obat di apotek? Sepertinya emang dokter spesialis di kebumen itu masih langka, sehingga mereka terbiasa kejar setoran.

 

 

Sedangkan di kota sebelah (dengan biaya yang sama) pasien masuk ke ruangan dokter. Diperiksa dan ditanyakan keluhannya, lalu diberi penjelasan. Sebelum pasien keluar meninggalkan ruang biasanya dokter spesialis akan bertanya, "ada lagi yang ingin ditanyakan?" Tentu itu menjadi penutupan yang manis saat berkonsultasi dan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Aku nulis ini karena udah pernah konsultasi dengan dokter spesialis lebih dari satu di sana. Berharap pelayanan kesehatan disini bisa lebih baik lagi. Bukan rumah sakit berlomba-lomba melengkapi koleksi deretan nama dokter spesialis aja, tapi juga pelayanan dari dokternya. Tentu sangat jarang rumah sakit meng cut seorang spesialis hanya karena pelayanannya. Mencari dokter spesialis disini memang masih susah, rebutan dengan RS RS lain. Kata orang kalo mau dapat pelayanan dari dokter spesialis dengan lebih baik mending ke rumah praktiknya saja.

 

 

Senin 1 Februari luka jahitanku udah mulai gatal, gatalnya udah berasa dari hari minggu tapi coba sabar dulu nunggu senin. Rasanya bener-bener nggak nyaman. Akhirnya senin ini ke Puskesmas buat control luka, sampe sana di assessment bentar lalu karena lukanya udah cukup bagus jadi mending dilepas jahitan hari itu.

 

Jahitannya ada empat, satu per satu jahitan dipotong lalu ditarik. Meski sempet deg-degan. Waktu di UGD RS perawat bilang kalo benangnya itu yang bisa jadi daging. Tapi aku baru tahu kalo benang yang jadi daging pun perlu dilepas. Setelah jahitan dilepas aku udah ngga perlu pake perban lagi. Alhamdulillah.

 

Pendaftaran

Dan ternyata biaya di puskesmas murah banget dong. Pendaftaran Cuma 10.000, rawat luka 10.000 dan lepas jahitan 12.000/4jahitan. Mbak-mbaknya juga sabar dan baik. Aku sempet nanya kapan aku boleh cuci muka, katanya karena letaknya di muka mending jangan dulu-dulu. Aku masih bingung sih kapan waktu yang tepat untuk cuci muka, jadi aku VC temenku yang perawat di luar kota. Dia bilang sekitar 5 hari atau ketika lukanya udah nutup dan oke aja ketika di benggang-benggang maka aku udah bisa cuci muka. Tapi karena aku khawatir jadi aku pasin aja seminggu baru cuci muka.

 

bill rawat luka dan aff hecting

 

Total lebih dari 2 minggu aku ngga cuci muka, ngga bersin (karena kalo bersin mata dan pipiku sakit, jadi aku tutup hidung). Kalo ngga ketawa itu paling 1 minggu soalnya susah banget nahan ngga ketawa meskipun sakit buat ketawa tapi mau gimana lagi.

 

 

Trus abis dari puskesmas aku ke Optik cari kacamata, niatnya beberapa hari lagi aku mau masuk kerja. Kata mba refraksi optiknya mataku masih bengkak banget, dan masih ada sisah perdarahan konjungtivanya. Dia si nyaranin aku jangan kerja dulu, mending cek MRI katanya takutnya ada perdarahan juga di kepala yang suatu saat bisa ganggu peredaran darah di otak. Aduh orang sakit itu banyak bener pengeluarannya, udahlah bismillah baik-baik aja. Disana milih-milih frame sama pesen lensa. Milih yang standar aja jadi totalnya dibawah satu juta dan diatas lima ratus ribu. Bisa diambil sekitar 2 hari lagi.

 

 

setelah lepas jahit dan buka perban

Pulang ke rumah tiba-tiba ada Chat dari orang RS, dia buka karyawan RS tapi semacam orang yang bantu-bantu owner RS gitu. Dia tanya alamat rumahku. Kata orangtuaku jangan-jangan aku mau dipecat karena lama ngga masuk kerja. Tapi setelah dia sampe ternyata nganterin parsel titipan owner. Thankyou.

 

 

Tanggal 4 Februari aku masuk kerja, btw aku masuk kerja ini belum berani cuci muka sampai hari minggu. Dan mataku masih yang agak bengkak gitu.

 

 

Tanggal 13 Februari aku ke dokter sp mata. Mataku masih suka bengkak kalo pagi, ngeganjel, dan kadang perih. Kata dokter sih nggapapa, tapi aku di kasih obat tiga macam. Disini abisnya hampir 200rb.

 

 

Selasa tanggal 16 Februari aku ke dokter kulit. Luka dipipiku masih ada tanda-tanda inflamasinya, padahal udah hampir sebulan. Masih keliatan merah, bengkak, dan pegel apalagi kalo senyum dan bersin. Disini dikasih salep habisnya hampir 600ribu tapi ngga ada billnya sih.

 

 

Dan sekarang Alhamdulillah semua udah mulai membaik. Tinggal luka di pipi aja karena lecet-lecet udah pada kering, memar-memar udah pada menghilang, dan bahkan bahu kiriku udah oke banget.

 

Terima kasih untuk semua orang yang sudah peduli :)

0 Responses

Post a Comment