sukma w.
Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Sekitar 1,5 jam dari simpanglima Kebumen.

pantai menganti kebumen

Udah lama pingin menikmati keindahan pantai yang ramai dibicarakan ini. Akhirnya liburan kali ini bisa sampai ke pantai Menganti.

Susah juga nyari temen yang mau ke Menganti, kebanyakan pada maunya dibonceng. Jadilah kepantai itu Cuma berdua doang sama temenku. Awalnya aku pikir jalannya ngga jauh beda sama Tawangmangu atau Gunung Kidul, ternyata tanjakan dan turunannya lebih serem. Berasa nyaris 80 derajat, bener-bener harus siap rem atau siap gas. Sebenernya yang bikin tanjakan dan turunannya terlalu itu gara-gara kurangnya tikungan. Padahal aku seneng nikung, etapi ngga nikung pacar orang kok apalagi suami orang -__-

Dengan kondisi jalan yang seperti itu masih dibonusin jalan berlubang dan penuh tembelan, yahhh mungkin biar ngga pada ngebut-ngebut kali yak.. positif aja :)

laut dan langit

Seperti biasa dengan modal nekat ngga tau jalan kita lewatin deh hutan dan jurang. Rutenya bisa lewat yang dari PantaiPetanahan, terus lewat Pantai Suwuk, masih lurus sampe ada pertigaan yang ke kiri arah PantaiKarangbolong, kita pilih yang ke kanan lurus terus aja ikutin jalan utama itu. Pas udah mulai naik ke bukit tuh keliatan pantainya biruuu banget berbatasan langsung sama langit, keliatan nyambung gitu malahan. Ngga keliatan kalo itu laut dan langit.

perjalanan panjang

Masih lurus lagi ikutin jalan nanti ketemu pos tiket, bayar 20.000/2orang. Abis itu tinggal nurunnnnnn…. Dari sini keliatan keren banget banyak bukit-bukitnya, keren pokoknya.
Di pantai menganti banyak terdapat batu karang besar. Disini juga terdapat TPI sehingga tidak mengherankan kalo banyak kapal-kapal nelayan.

karang besar

Ada jalan setapak naik lagi, kalo naik ke atas lagi disana banyak saung-saung. Kalo mau duduk di saung ada tarifnya 10.000 sepuasnya. Berhubung aku dan temenku ngga betah duduk, kita milih buat jalan-jalan nyari background keren buat foto-foto. Kalo dari sini air laut langsung menghantam karang-karang besar, jadi emang ngga buat main air.
saung

Perjalanan yang lumayan menguras tenaga karena kondisi jalannya yang perlu ekstra hati-hati terbayar dengan pemandangan ini. Sebelum pulang bawa oleh-oleh karang-karang kecil yang lucu..